Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dan model pembelajaran Pictorial Riddle

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashuri, Mashuri (2018) Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dan model pembelajaran Pictorial Riddle. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
mashuri_D74213075.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah model pembelajaran Concept Attainment dan Pictorial Riddle. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Concept Attainment; (2) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Pictorial Riddle; (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Concept Attainment dan model pembelajaran Pictorial Riddle. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas VII-C dan 35 siswa kelas VII-D MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah segitiga. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, yang meliputi tes tulis kemampuan awal dan tes tulis kemampuan akhir. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Concept Attainment termasuk tinggi; (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Pictorial Riddle termasuk tinggi; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Concept Attainment dan model pembelajaran Pictorial Riddle.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashuri, Mashurimashuri090@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Concept Attainment, Pictorial Riddle, Pemahaman Konsep
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mashuri Mashuri
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:21
Last Modified: 13 Aug 2018 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27337

Actions (login required)

View Item View Item