Partisipasi masyarakat dalam electronic voting pada pemilihan kepala desa : studi kasus Desa Klantingsari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiq, Moh. Haqiqit (2018) Partisipasi masyarakat dalam electronic voting pada pemilihan kepala desa : studi kasus Desa Klantingsari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Haqiqit Taufiq_ E04213062.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Partisipasi Masyarakat dalam Electronic Voting pada pemilihan kepala desa (Study kasus desa klantingari kecamatan tarik kabupaten sidoarjo)” Dalam penelitian ini memunculkan dua rumusan masalah di antarannya: pertama, bagaimana partisipasi masyarakat dalam Electronic Voting dalam pemilihan kepala desa didesa klantingsari kecamatan tarik kabupaten sidoarjo?keduabagaimana masyarakat merespon problem-problem yang terjadi dalam Electronic Voting dalam pemilihan kepala desa didesa klantingsari kecamatan tarik kabupaten sidoarjo?Riset yang berbasis pada penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Temuan penulis terkait partisipasi masyarakat dalam Electronic Voting ini adalah mereka sangatlah antusias karena masyarakat penasaran terkait adanya pemilihan yang menggunakan sistem Electronic Voting namun mereka banyak yang kecewa karena masih banyaknya panitia-panitia yang tidak bersifat netral dalam waktu sosialisasi maupun pelaksanaan dalam pemilihan dan juga masih banyaknya panitia yang tidak faham tentang pengoperasian alat Electronic Voting itu sehingga mengakibatkan sistem error yang terjadi dan mengakibatkan problem-problem masyarakat.Sedangkan problem yang terjadi dalam sistem Electronic Voting adalah banyaknya masyarakat yang tidak bisa menerima hasil dari pemilihan suara yang menggunakan alat Electronic Voting karena adanya suara yang selisih dari jumlah pemilih sama hasil pemilihan, yang mengakibatkan demonstrasi besar-besaran di kantor kepala desa klantingsari dan teror kerumah-rumah warga yang menjabat jadi panitia pemilihan yang menggunakan sistem Electronic Voting, selain itu karena tetap merasa tidak puas masyarakat melaporkan ke pengadilan negeri sidoarjo dan melakukan demo kekantor bupati sidoarjo, yang kemudian di mediasi oleh DPRD sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiq, Moh. Haqiqithaqiqit_taufiq@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Desa
Keywords: partisipasi masyarakat, Electronic Voting, pemilihan kepala desa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Taufiq Moh.Haqiqit
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:58
Last Modified: 13 Aug 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27345

Actions (login required)

View Item View Item