This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Najib, M. Ainun (2018) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan menyisipkan musik instrumental. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
M. Ainun Najib_D74211067.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar matematika tidak terlepas dari persiapan siswa dan persiapan guru di bidangnya. Pemilihan dan pelaksanaan model serta media pembelajaran yang tepat oleh guru akan membantu guru dalam menyampaikan pelajaran matematika. Melihat kondisi siswa yang seringkali pasif ketika menerima pelajaran matematika maka peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together karena pembelajaran ini memiliki karakteristik kerjasama dalam kelompok. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan hasil validasi perangkat pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menyisipkan musik instrumental. 2) mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menyisipkan musik instrumental. 3) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menyisipkan musik instrumental. 4) Untuk mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menyisipkan musik instrumental. 5) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menyisipkan musik intrumental. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A MTs Sunan Drajat Sugihwaras Lamongan pada sub pokok bahasan peluang empirik pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung, metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan, dan metode angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan menyisipkan musik instrumental. Setelah diterapkan dan di analisis data yang terkumpul, diperoleh hasil validasi perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori valid, aktivitas siswa dapat dikatakan sebagai aktivitas aktif, aktivitas guru dikatakan efektif karena rata-rata keseluruhan mendapat nilai lebih dari 3, respon siswa dapat dikatakan positif. Adapun untuk ketuntasan belajar secara klasikal juga dapat dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,2%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Numbered Head Together | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Najib M Ainun | ||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:10 | ||||||
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27489 |
Actions (login required)
View Item |