Partisipasi politik dalam pemilihan umum raya mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun 2017 (Studi tentang hubungan organisasi ekstra kampus dan partai politik mahasiswa)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faris, Iwan (2018) Partisipasi politik dalam pemilihan umum raya mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun 2017 (Studi tentang hubungan organisasi ekstra kampus dan partai politik mahasiswa). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Iwan Faris_E04213041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai dinamika organisasi ekstra kampus dalam meningkatkan partisipasi politik mahasiswa pada pemilihan umum raya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun 2017, serta hubungan organisasi ekstra dengan partai politik mahasiswa dalam pemilihan umum raya mahasiswa tahun 2017. Metode penelitian dalam skripsi ini dikaji dengan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian lapangan (field research) dengan teknik Purpossive Sampling.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peran organisasi ekstra kampus dalam meningkatkan partisipasi politik mahasiswa pada pemilihan umum raya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Tahun 2017 yaitu mampu menyusupkan pemikiran kepada mahasiswa, mencari dukungan melalui anggota organisasi ekstra PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dengan strategi itu lebih mudah untuk mendapatkan suara mahasiswa.Sedangkan hubungan organisasi ekstra dengan partai politik mahasiswa dalam pemilihan umum raya mahasiswa tahun 2017 bahwa munculnya partai politik mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang didirikan oleh oraganisasi ekstra yang bertujuan untuk lebih memudahkan pendaftaran pencalonan presiden mahasiswa dan akan lebih mudah mendapatkan kader-kader bila anggota organisasi ekstra mampu menduduki kursi jabatan di setiap distriknya lebih utamanya di Dewan Eksekutif Mahasiswa Univrsitas. Dengan demikian partisipasi tersebut merupakan bentuk partisipasi mobilisasi.

Kata kunci:Partisipasi, PEMIRA, Organisasi dan Partai politik Mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faris, Iwaniwanfaris5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Partisipasi : PEMIRA : Organisasi dan Partai politik Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Faris Iwan
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:19
Last Modified: 16 Aug 2018 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27600

Actions (login required)

View Item View Item