Peningkatan keterampilan menulis paragraf menggunakan media Big Book di Kelas III MI Ittaqu Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Argani, Nur Triana (2018) Peningkatan keterampilan menulis paragraf menggunakan media Big Book di Kelas III MI Ittaqu Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Triana Argani_D97214116.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan menulis siswa materi paragraf mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Ittaqu Surabaya. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Guru masih menggunakan metode konvesional yakni ceramah dan kurangnya penggunaan fasilitas atau media belajar yang sesuai. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan penggunaan media big book. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana penerapan media Big Book dalam meningkatkan keterampilan menulis paragraf di kelas III Mi Ittaqu Surabaya?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf menggunakan media Big Book di kelas III Mi Ittaqu Surabaya? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media big Book berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 85,7 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,4 (sangat baik). Sedangkan, nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 81,25 (baik) menjadi 93,75 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan menulis paragraf juga dapat dibuktikan dengan nilai keterampilan menulis paragraf pada pre tes, siklus I dan siklus II. Pada pre tes persentase ketuntasan 8,3% (gagal) dan rata-rata nilai kelas 33,5 (kurang), siklus I diperoleh persentase keberhasilan kelas 45,8% (kurang) dan rata-rata nilai kelas 59,9 (cukup) dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa 87,5% (baik) dan rata-rata nilai kelas 75,29 (baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Argani, Nur Trianatrianaargani288@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Menulis
Keywords: Keterampilan menulis; paragraf; Media big book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Argani Nur Triana
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:47
Last Modified: 21 Aug 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27771

Actions (login required)

View Item View Item