Ikhtiar Mata Kuliah Matematika di Prodi Falak UIN Sunan Ampel Surabaya dalam membangun kesadaran peran serta Matematika dalam penentuan arah kiblat umat Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikin, Agus (2017) Ikhtiar Mata Kuliah Matematika di Prodi Falak UIN Sunan Ampel Surabaya dalam membangun kesadaran peran serta Matematika dalam penentuan arah kiblat umat Islam. In: LSM HIMATIKA UNY, 25 Februari 2017, Yogyakarta.

[img] Text
Agus Solikin_Ikhtiar Mata Kuliah Matematika di Prodi Falak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang proses (ikhtiar) membangun kesadaran bahwa dalam penentuan arah kiblat umat Islam ada peran serta matematika. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dalam perkuliahan matematika, sehingga akan diperoleh pemahaman yang utuh terkait interaksi antara matematika dengan agama. Berkenaan dengan hal itu, maka penelitian ini dirancang dalam penelitian kualitatif yang berbasis eksperimen dengan data berasal dari literatur-literatur yang tekait dengan fokus dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh bahwa, langkah-langkah membangun kesadaran peran serta matematika dalam penentuan arah kiblat di prodi Ilmu Falak UIN Sunan Ampel Surabaya dapat dilakukan dengan memulai pada penyusunan materi yang akan dijalani selama perkuliahan berlangsung yang berupa silabi perkuliahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikin, Agusagussolikin2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Astronomi
Matematika
Falak
Keywords: Arah Kiblat; Matematika
Divisions: Karya Ilmiah > Makalah
Depositing User: Solikin Agus
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:23
Last Modified: 10 Jan 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27882

Actions (login required)

View Item View Item