Analisis pesan dakwah dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" TPI: analisis wacana dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" TPI edisi 20-23 Maret 2008

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridho, As'ad (2010) Analisis pesan dakwah dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" TPI: analisis wacana dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" TPI edisi 20-23 Maret 2008. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
As'ad Ridho_B01304013.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27947

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana pesan dakwah yang terdapat dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" Edisi 20-23 Maret 2008?, dan apakah sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" dapat dikategorikan sebagai sinetron religi?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif interpretatif dengan metode analisis wacana model Teun A. Van Dijk untuk menganalisis pesan teks komunikasi dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" di TPI Edisi 20-23 Maret 2008. Dimana perangkat wacana Van Dijk melihat sebuah teks wacana terdiri dari enam struktur yakni struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retorisnya. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tekhnik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. terdapat tiga tema pesan dakwah dalam sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku", baik aqidah, syariah, maupun akhlak. Tetapi yang utama adalah mengenai akhlak yaitu akhlak kepada Allah SWT. dan juga akhlak kepada orang tua (ibu). 2. Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku" dapat dikategorikan sebagai sinetron religi karena semua unsur-unsur dakwahnya sudah terpenuhi akan tetapi masih ada beberapa hal yang harus diluruskan sesuai akidah Islam. Berdasarkan fokus masalah dan kesimpulan tersebut, penelitian ini belum menjawab persepsi masyarakat terhadap hadirnya sinetron Kisah Nyata Super Emak "Berkat Do'a Anakku", kiranya tema ini dapat dijadikan permasalahan pada penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridho, As'ad--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Dakwah; sinetron; Kisah Nyata; Super Emak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:51
Last Modified: 05 Sep 2018 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27947

Actions (login required)

View Item View Item