Strategi pembinaan agama Islam bagi orang lanjut usia: studi kasus Panti Werdha Mojopahit Brangkal Sooko Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Fanana (2011) Strategi pembinaan agama Islam bagi orang lanjut usia: studi kasus Panti Werdha Mojopahit Brangkal Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fanana Firdausi_D01207069.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Orang lanjut usia selalu mengalami kecemasan dalam mengahadapi kehidupannya terutama kematian dan rasa ini akan membuat seseorang tersebut merasa gelisah, dengan itu orang lanjut usia dianjurkan untuk selalu ingat pada Allah SWT, karena untuk apa dengan sisa umur digunakan untuk memikirkan hal-hal yang tidka berguna, pikirkan apa yang harus kita berikan atau pertanggung jawabkan pada Allah. Maka dari itu dalam pembahasan disini strategi yang dimaksudkan adalah metode atau usaha untuk memberikan binaan agama Islam kepada orang lanjut usia untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu mencapai kebahagian dunia dan akhirat dengan menghadap kepada Yang Kuasa dengan Khusnul Khotimah. Berdasarkan pemyataan diatas, penulis merasa tertarik mengadakan penelitian dengan judul "Strategi Pembinaan Agama Islam Bagi Orang Lanjut Usia (Studi Kasus Panti Werdha Mojopahit Brangkal Sooko mojokerto)". Dalam hal ini rumusan masalahnya adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana pelaksanaan pembinaan agama Islam bagi orang lanjut usia di Panti Werdha Mojopahit Brangkal Sooko Mojokerto?. 2). Bagaimana strategi dalam pembinaan agama Islam bagi orang lanjut usia di Panti Werdha Mojopahit Brangkal Sooko Mojokerto?. 3). Apakah hambatan pembinaan agama Islam bagi orang lanjut usia di Panti Werdha Mojopahit Brangkal Sooko Mojokerto? Penulis Menggunakan pendekatan teoritis yang disajikan dalam bah pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan teoritis, sedangkan dalam analisa data ada dalam bah empat. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa dalam pembinaan agama islam di panti werdha Mojopahit sudah cukup baik. Terbukti hampir 60% penghuni panti telah melaksanakan kegiatan keagamaan seperti shalat dan puasa. Strategi pembinaan agama islam terhadap orang lanjut usia meliputi pengajian rutin, pembinaan shalat berjamaah, pembinaan shalat. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pembinaan agama islam adalah latar belakang keluarga, lingkungan, kurangnya sarana dan prasarana panti, dan menurunnya kesehatan para penghuni panti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, FananaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Orang tua dan Anak
Keywords: Strategi pembinaan agama Islam; orang lanjut usia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:46
Last Modified: 05 Oct 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28068

Actions (login required)

View Item View Item