Mitos dan simbol masyarakat Jipang Kecamatan Cepu Kabupaten Blora terhadap petilasan Ario Panangsang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Siti Walidatus (2010) Mitos dan simbol masyarakat Jipang Kecamatan Cepu Kabupaten Blora terhadap petilasan Ario Panangsang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Walidatus S_E01206002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Mitos dan Simbol masyarakat Jipang terhadap petilasan Aryo Penangsang serta hubungannya dengan aqidah Islamiyyah dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, dalam rangka menggali inforrnasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan tradisi dan keyakinan masyarakat Jawa. Adanya mitos yang berkembang mencetak masyarakat menjadi suatu komunitas Islam tradisi, yang masih sangat menyakini tentang kesakralan tempat­ tempat keramat seperti petilasan. Upacara selamatan sebagai Simbol rasa syukur atas limpahan rizqi dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Yang dirupakan makanan yang digelar di area petilasan. Dengan perilaku keagamaan masyarakat Jipang yang rnempercayai bahwa Tuhan yang wajib disembah hanyalah Allah dan mereka mempedomani Rukun Iman dan Rukun Islam sebagai landasan Ajaran Islam. Ibadah sholat mereka yang cukup baik, akan tetapi mereka masih terpengaruh dengan adanya kepercayaan turun-temrun yang masih meyakini bahwa ada kekuatan ghaib dalarn petilasan Aryo Penangsang, sehingga dalam kehidupan sehari-hari masih dipengaruhi oleh kepercayaan Animisme dan Dinamisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Siti WalidatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Adat
Keywords: Mitos; Simbol; Masyarakat; petilasan Ario Panangsang
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:26
Last Modified: 08 Oct 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28089

Actions (login required)

View Item View Item