FA’ALIYAH THARIQAH AL TUBADAL AL TA’LIMI (RECIPROCAL LEARNING) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRA’AH LI THULAB AL FASHL AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH JUNWANGI KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Roikhatul (2015) FA’ALIYAH THARIQAH AL TUBADAL AL TA’LIMI (RECIPROCAL LEARNING) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRA’AH LI THULAB AL FASHL AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH JUNWANGI KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Kooperatif Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif jika di terapkan dalam berbagai mata pelajaran karena siswa mengalami pengalaman belajar secara langsung serta dapat mengatasi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran, oleh karena itu penulis menerapkan tekhnik kooperatif learning dengan model Reciprocal Learning untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dengan baik. Pemilihan metode Reciprocal Learning disesuaikan dengan tujuan pembelajaran bahasa arab pada maharoh qiro’ah dan struktur pembelajaran yang sangat rapi dan baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana penerapan Metode Reciprocal Learning dalam pembelajaran bahasa arab keterampilan membaca siswa kelas VII MTsN Junwangi Krian Sidoarjo ? (b) Bagaimana efektifitas Metode Reciprocal Learning dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII MTsN Junwangi Krian Sidoarjo?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui penerapan Metode Reciprocal Learning dalam pembelajaran bahasa arab keterampilan membaca siswa kelas VII MTsN Junwangi Krian Sidoarjo (b) Untuk mengetahui efektifitas Metode Reciprocal Learning dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII MTsN Junwangi Krian Sidoarjo
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan “t-tes” dan eksperimental. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh murid kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Junwangi Krian Sidoarjo dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa dengan menggunakan tekhnik Simple Random Sampling. Dari hasil tes yang diuji dengan perhitungan statistik diperoleh data mean kelompok kontrol = 12،47dan kelompok eksperimen = 60،6 serta T hitngnya= 142,1 dan T tabel 14112 Dari hasil tersebut di simpulkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel (142,1 14112) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan membaca. Jadi, terdapat pengaruh penerapan Metode Reciprocal Learning terhadap kemampuan membaca siswa kelas VII MTsN Junwangi Krian Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Junaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, RoikhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; Bahasa Arab; Kooperatif; Model Reciprocal Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2015 08:13
Last Modified: 19 Nov 2015 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item View Item