This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Siti Istiqomatul (2009) Efektifitas metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualiztion) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tambakrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Siti Istiqomatul Jannah_D31205083.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik menganggap bahwa pelajaran PAI yang seharusnya bukan hanya dipelajari tapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ini, sangat membosankan dan materinya yang agak sul it untuk dipahami bagi siswa SMP. Akibatnya, proses pembelajaran menjadi terlambat dan prestasi belajarpun kurang maksimal. Kurangnya kemaksimalan prestasi belajar itu disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, materi yang sulit dipahami, suasana kelas yang kurang nyaman dan menyenangkan, serta faktor guru yang tidak dapat memaksimalkan proses pembelajaran dan tidak bisa memilih metode yang efektif sehingga menyebabkan siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan. Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualiztion) adalah salah satu metode pembelajaran yang bertujuan antuk mengoptimalkan prestasi belajar siswa, mengingat di dalam kelas kemampuan siswa yang berbeda-beda. Pembelajaran ini menggunakan tugas secara individu sebagai evaluasi dan reward di akhir dua minggu, sehingga dengan menggunakan metode TAI ini diharapkan siswa dapat mengoptimalkan prestasi belajar untuk mata pelajaran PAI. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran TAl pada mata pelajaran PAI di kelas VITI SMP Negeri 2 Tambakrejo Bojonegoro, 2) bagaimana aktivitas siswa pada proses pembelajaran TAl pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakrejo Bojonegoro, 3) apakah terdapat pengaruh antara pernbelajaran TAl dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di S:MP Negeri 2 Tambakrejo Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambakrejo Bojonegoro yang terdiri dari kelas VIII-A, VIII-B, dan VIII-C. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-C. Jenis penelitian ini merupakan enelitian pre experiment design dengan desain pre test dan post test. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik untuk menganalisis data kuantitatif, yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil post test dengan menggunakan paired test, dan analisis non statistik yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran TAI selama tiga pertemuan dengan nilai rata-rata 3,91 yang berarti sangat baik. Hasil analisis aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran TAI tergolong aktif dengan nilai rata-rata aktivitas siswa aktif sebesar 23,66%, sedangkan jumlah rata-rata aktivitas siswa tidak aktif adalah 4,47%. Hasil analisis untuk prestasi belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran TAl termasuk baik, dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,05%. Sedangkan berdasarkan analisis data statistik dengan menggunakan paired test diperoleh t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari beberapa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TAl dalam meningkatkan pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Tambakrejo Bojonegoro dapat dikatakan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Metode pembelajaran; TAI (Team Assisted Individualiztion); prestasi belajar; mata pelajaran PAI | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2018 07:40 | ||||||
Last Modified: | 01 Nov 2018 05:52 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28215 |
Actions (login required)
View Item |