Perkembangan amal usaha Muhammadiyah oleh cabang Muhammadiyah di Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo 1990-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Imam (2018) Perkembangan amal usaha Muhammadiyah oleh cabang Muhammadiyah di Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo 1990-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Imam Ardiansyah_A92214101.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perkembang Amal Usaha Muhammadiyah oleh Cabang Muhammadiyah di Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo 1990-2017” adapun fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana Sejarah berdirinya Cabang Muhammadiyah di Kecamatan Krian ? (2) Bagaimana peran Ketua Cabang Muhammadiyah dalam mengembangkan amal usaha Muhammadiyah di Kecamatan Krian ? (3) Bagaimana Sejarah perkembangan amal usaha Muhammadiyah Cabang di Kecamatan Krian pada tahun 1990-2017? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yakni, pertama heuristik yaitu sebuah tehnik pengumpulan data, data yang didapat yaitu beberapa sumber tertulis seperti arsip, surat pendirian Cabang Muhammadiyah, surat peresmian pengurus Cabang Muhammadiyah Krian, juga sumber lisan yakni melalui wawancara dengan sesepuh Muhammadiyah seperti Bapak Syamsul Huda, Haji Fauza Asngadi, dan beberapa pengurus lainnya. Kedua kritik sumber yakni membandingkan berbagai sumber-sumberprimer yang didapat dengan sumber-sumber sekunder yang sudah diperoleh. Ketiga interpretasi yakni penulis menafsirkan dari hasil-hasil sumber primerdengan sumber sekunder yang diperoleh. Keempat historiografi yakni penulismenyusun laporan dari ketiga langkah diatas sehingga menjadi skripsi ini. Kemudian, pendekatan dan kerangka teori yang digunakan untuk menganalisa yaitu dari pendekatan ilmu sosial dengan teori peranan yang diambil dari buku Sosiologi Sebagai Pengantar karya Soerjono Soekanto. teori peranan menjelaskan bahwa peranan lebih banyak menunjuk pada fungsi, penyesuaian diri dan sebagai suatu proses. Jadi, seseorang menduduki suatu posisi dalam masyarakat serta menjalankan suatu peranan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Muhammadiyah sudah ada di Kecamatan Krian sejak tahun 1937, hal tersebut terjadi dengan datangnya Bapak Abdullah Hadi dari Jogjakarta yang memiliki andil besar dalam pendirian dan perkembangan Muhammadiyah di Kecamatan Krian, namun secara bukti tertulis bahwa Cabang Muhammadiyah di Kecamatan Krian diresmikan pada tahun 1966.(2) Dalam waktu 27 tahun sejak tahun 1990 sampai dengan tahun 2017 telah berganti-ganti kepemimpinan di Cabang Muhammadiyah lebih tepatnya ada 6 orang ketua yang menjabat. (3) Perkembangan amal usaha Cabang Muhammadiyah di Krian termasuk cepat terutama di bidang pendidikan. Terdapat 4 Sekolah yang dikelola oleh Cabang Muhammadiyah di Krian. Sedangkan di bidang keagamaan memiliki 6 Masjid. Sedangkan dalam bidang kesehatan Cabang Muhammadiyah memiliki sebuah Klinik Siti Aisyah Krian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Imamimamardiansyah706@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Organisasi Masyarakat
Pendidikan Islam
Keywords: Amal usaha Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ardiansyah Imam
Date Deposited: 07 Nov 2018 07:26
Last Modified: 07 Nov 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item View Item