Membangun kesadaran kelompok Karang Taruna menuju Kampung Hijau di Bratang Perintis RW XI Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Danang, Moch Nofianto (2018) Membangun kesadaran kelompok Karang Taruna menuju Kampung Hijau di Bratang Perintis RW XI Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moch Danang Nofianto_B92214067.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses membangun mindset untuk bisa mengabdikan dan mempunyai kepedulian terhadap lingkungan. Agar eksistensi pemuda dalam hal yang positif terlihat sebanding dengan populasi pemuda sangat banyak daripada orang tua maupun anak-anak. Pemuda juga menjadi ujung tombak perubahan jika pemuda mempunyai kesadaran individu maupun kelompok yang akan ikut langsung berpartisipasi dalam kegiatan maupun acara yang diadakan oleh pengurus RW XI dengan bersama masyarakat. Juga sebagai percontohan untuk anak-anak kecil yang akan menjadi pengganti generasi yang akan datang. Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset atau kekuatan atau biasa dikenal dengan ABCD (Asset Based Community Development). ABCD merupakan pendekatan pendampingan yang mengutamakan pemanfaatan potensi dan aset yang ada di lingkungan Bratang Perintis. Dengan adanya aset bisa membuat perubahan positif terhadap pemuda yang akan berdampak pada lingkungan. Aset yang digunakan juga menjadi prioritas dalam urgenitas keperluan untuk perubahan yang positis yaitu aset alam tanaman pola hidroponik. Melalui program aksi pengorganisasian pemuda Karang Taruna, kegiatan FGD diskusi bersama, dan juga aksi bersama membuat penghijauan kampung yang di mulai dari menanam tanaman pola hidroponik, bisa menghasilkan perubahan Mindset atau pola perilaku. Bahwa sebenarnya mereka mampu melakukan perubahan demi kebaikan lingkungan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat, serta mampu memberikan dampak kepada pemuda lainnya agar bisa saling mendukung saling kesadaran antara individu, sehingga kesadaran yang akan menjadi kesadaran kolektif. Yang nantinya pemuda bisa lebih kelihatan eksistensinya yang nyata terhadap partipasi langsung terhadap rencana atau program yang ada di kampung Bratang Perintis RW XI. Dengan adanya pendampingan proses penyadaran pemuda karang taruna dalam peduli lingkungan yang ada di sekitarnya. Juga langsung ikut brpatisipasi secara aktif didalam pemabangunan kampung yang lebih hijau dan asri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Danang, Moch Nofiantomohammaddanang223@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Kesadaran Pemuda Karang Taruna; Lingkungan Hijau
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Novianto Moch Danang
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:39
Last Modified: 08 Nov 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28440

Actions (login required)

View Item View Item