Komunikasi kesehatan kader posyandu di desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Erfien (2018) Komunikasi kesehatan kader posyandu di desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Erfien Fitriana_B76214067.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengambil fokus penelitian (1) bagaimana proses komunikasi kesehatan kader Posyandu dalam mewujudkan kualitas gizi balita di Desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, (2) media apa yang digunakan oleh kader Posyandu dalam mewujudkan kualitas gizi balita di desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, dan (3) apa saja hambatan yang dihadapi kader Posyandu selama proses komunikasi berlangsung. Agar fokus penelitian tetap dan tidak berubah, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga hasil yang diharapkan bisa didapatkan secara rinci dan detail mengenai proses komunikasi kesehatan kader Posyandu di Desa Wadungasih Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo serta media dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh kader Posyandu selama proses komunikasi berlangsung. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan interaksi simbolik dan teori interaksi simbolik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, (1) proses komunikasi kesehatan kader Posyandu diawali dengan ideation dimana kader mendapatkan informasi dari Puskesmas dan instansi pemerintah; proses penyampaian pesan yang dilakukan kader Posyandu lebih kepada karakteristik dan kebiasan masing-masing kader; pesan kesehatan seputar gizi balita lebih mendapatkan hasil yang efektif pada saat penyuluhan KP ASI; dan proses komunikasi kesehatan kader Posyandu Desa Wadungasih menunjukkan model interaksi dan transaksional, (2) media yang digunakan meliputi media antarpribadi dan kelompok sesuai dengan sasaran komunikan kader Posyandu, (3) hambatan yang dialami oleh kader Posyandu mencakup hampir semua jenis hambatan komunikasi, seperti hambatan dalam proses komunikasi (dari kader Posyandu), hambatan psikologis dan hambatan sosio-psiko-antro (dari masyarakat), dan hambatan ekologis (lebih kepada faktor lingkungan yang mempengaruhi dalam proses komunikasi Kader Posyandu).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Erfienerfienfitriana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Komunikasi
Masyarakat
Keywords: Komunikasi kesehatan; kader posyandu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fitriana Erfien
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:44
Last Modified: 08 Nov 2018 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28444

Actions (login required)

View Item View Item