Makna filosofis dwilogi novel Rahvayana karya Sujiwo Tejo: perspektif teori semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Dwi Afifatur (2018) Makna filosofis dwilogi novel Rahvayana karya Sujiwo Tejo: perspektif teori semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Afifatur Rohmah_E81214059.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menemukan makna simbolis yang terdapat dalam Dwilogi Novel Rahvayana karya Sujiwo Tejo. Dalam penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes, cakupun riset skripsi ini diakomodir melalui rumusan masalah, yakni bagaimana isi Dwilogi novel Rahvayana karya SujiwoTejo?, dan bagaimana makna filosofis Dwilogi novel rahvayana Sujiwo Tejo perspektif teori semiotika Roland Barthes?. Metode yang digunakan dalam skripsi ini meliputi teknis analisis data, menggunakan deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai obyek penelitian dan dihubungkan dengan putusan terkait. Selanjutnya, data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Sujiwo Tejo mengambarkan Rahvayana yang berkonotasi baik dengan cinta tulusnya terhadap Sinta. Hal ini memberikan penilaian yang berpadukan antara teori semiotika Roland Barthes tentang kisah Rahvayana ini. Yaitu tentang seorang hamba yang sedang memeluk erat Tuhannya meskipun terdapat berbagai nama-nama yang menjuluki-Nya, namun hamba ini tetap mencintai Tuhannya dengan ketulusan hati yang dahsyat. Hal inilah yang mampumembedakan kita antarah amba yang tulus dan hamba yang terputus-putus (tidak bersungguh-sungguh).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Dwi Afifaturikhwah47@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Filsafat > Filsafat Agama
Linguistik
Keywords: Novel Rahvayana; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rohmah Dwi Afifatur
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:41
Last Modified: 15 Nov 2018 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28555

Actions (login required)

View Item View Item