Dakwah dan abang becak: studi tentang proses dakwah dalam pembinaan keagamaan jama’ah majelis ta’lim abang becak di Yayasan Sosial Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustaqim, Achmad (2009) Dakwah dan abang becak: studi tentang proses dakwah dalam pembinaan keagamaan jama’ah majelis ta’lim abang becak di Yayasan Sosial Nurul Hayat Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Mustaqim_B01304003.pdf

Download (870kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28575

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana proses dakwah dalam pembinaan keagamaan jama’ah majelis ta’lim abang becak Nurul Hayat? (2) Metode apa yang digunakan dalam proses pembinaan keagamaan jama’ah majelis ta’lim abang becak Nurul Hayat? (3) Media apa yang digunakan dalam proses pembinaan keagamaan jama’ah majelis ta’lim abang becak Nurul Becak?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami Proses, Metode dan Media dakwah yang digunakan oleh Yayasan Nurul Hayat dalam pembinaan keagamaan jama'ah majelis ta'lim abang becak. Mengungkap persoalan tersebut, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Standart untuk memperoleh data, digunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis induktif dengan pendekatan Grounded Theory. Sehingga diperoleh pemahaman yang mendalam terhadap proses dakwah dalam pembinaan dengan beberapa metode dan media yang digunakan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, (1) Proses dakwah dalam pembinaan keagamaan jema’ah majelis ta’lim abang becak dengan menggunakan model ceramah dan tanya jawab dengan pembiasaan melakukan amalan-amalan ubudiyyah; (2) Metode yang digunakan adalah dakwah bil lisan dan bil hal dalam teori belajar mengajar disebut teori asosiasi yaitu hubungan stimulus respon (3) Media yang digunakan adalah alat peraga berupa slide yang merupakan perpaduan antara gambar dengan bahasa tulisan dan lisan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh yayasan dalam proses dakwah dalam pembinaan keagamaan jama'ah majelis ta'lim abang becak Nurul Hayat, yaitu: (1) Serangkaian kemasan dalam proses pembinaan harus memiliki maksud dan tujuan, (2) Bentuk komunikasi seharusnya menggunakan proses dua arah sebagai evaluasi tingkat pemahaman terhadap materi yang disampaikan, (3) Pemateri harus orang yang benar-benar memiliki keilmuan serta pamor di depan masyarakat sehingga mampu menumbuhkan keyakinan jama'ah terhadap materi yang disampaikan, (4) Materi pokok yang akan disampaikan harus terjadwal sedangkan materi penunjang lebih bersifat kondisional, (6) Penggunaan media sebagai alat peraga perlu di tingkatkan untuk menambah ghirah jama'ah. Hasil penelitian ini belum sepenuhnya terungkap maka perlu adanya penelitian lanjutan tentang efektifitas proses pembinaan keagamaan majelis ta'lim abang becak Nurul Hayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustaqim, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Komunikasi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Dakwah; abang becak; pembinaan keagamaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:20
Last Modified: 15 Nov 2018 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28575

Actions (login required)

View Item View Item