Pesan dakwah Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman el Shirazy: analisis semiotik model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afdhaluddin, Faizal Surya (2018) Pesan dakwah Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman el Shirazy: analisis semiotik model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Faizal Surya Afdhaludin_B01214002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam sskripsi ini adalah bagaimana pesan dakwah Habiburrahman El Shirazy yang terkandung dalam novel Bidadari Bermata Bening (Analisis Semiotik Model Roland Barthes).dan bagaimana makna denotasi dan konotasi pesan dakwah Habiburrahman El Shirazy dalam novel Bidadari Bermata Bening. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan Penelitian ini adalah ingin menemukan isi pesan dakwah yang terkandung dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman el Shirazy serta mengetahui makna denotasi dan konotasi pesan dakwah yang digambarkan dalam novel Bidadari Bermata Bening oleh Habiburrahman El Shirazy. Dalam menganalisa, penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotik model Roland Barthes. Materi pesan dakwah yang dijadikan rujukan adalah pesan dakwah akidah, syariah dan akhlak. Hasil dari penelitian ini ditemukan ketiga pesan dakwah tersebut semuanya terdapat dalam novel dan yang paling banyak muncul adalah pesan dakwah syariah. Pesan denotasi dan konotasi yang tergambar dalam novel ini adalah representasi pemuda-pemudi muslim yang jatuh cinta tapi tetap mempertahankan kehormatan dirinya dan jati diri agamanya. Rekomendasi dan saran kepada peneliti selanjutnya agar mampu menjadi acuan dan mampu mengembangkan penelitian ini. Disamping itu, pengembangan dari teori analisis teks semiotik setidaknya bisa digunakan dalam menganalisa pesan dakwah di novel lain yang lebih berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afdhaluddin, Faizal Suryatoerpram@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Islam
Linguistik
Keywords: Pesan Dakwah; Novel Bidadari Bermata Bening; Habiburrahman El Shirazy; Semiotik Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afdhaludin Faizal Surya
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:09
Last Modified: 16 Nov 2018 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28633

Actions (login required)

View Item View Item