Dakwah ilmu hikmah: kajian tentang pesan dakwah melalui dzikir dan doa jamaah majlis taklim Wal Dzikir Al-Wasilah di Kelurahan Tambak Jati Kecamatan Tambak Sari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridlwan, M. Mujib (2009) Dakwah ilmu hikmah: kajian tentang pesan dakwah melalui dzikir dan doa jamaah majlis taklim Wal Dzikir Al-Wasilah di Kelurahan Tambak Jati Kecamatan Tambak Sari Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Mujib Ridlwan_B01304060.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28785

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana peranan ilmu hikmah dalam membangun mental spiritual jamaah majlis taklim wal dzikir al-wasilah dan bagaimana hasilnya setelah jamaah mengamalkan dzikir dan doa dalam menjalani kehidupan mereka sehari­ hari. Untuk menjawab permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini menggunakan analisis interaksionisme simbolik yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (I) ilmu hikmah mempunyai peran yang signifikan dalam membangun mental spiritual jamaah. Hal ini dikarenakan ilmu hikmah dijadikan sebagai perantara untuk menambah keimanan jamaah kepada Allah, yakni dengan cara dzikir dan berdoa kepada Allah dengan keyakinan dan bersungguh-sungguh serta tidak lupa berikhtiar. (2) Hasil yang diperoleh setelah mengamalkan dzikir dan doa yang dilakukan secara bersama-sama jamaah mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, hal ini dibuktikan dengan kesuksesan hajad para jamaah yang mengikuti pengajian. Selain itu jamaah juga mendapatkan ketenangan hati dan akhlak mereka berangsur-angsur membaik menjadi manusia yang Islami. Berdasarkan masalah dan kesimpulan di atas, maka dalam penelitian ini belum menjawab lebih jauh mengenai metode dakwah dr. KH. Fachru Rachman. Kiranya masalah dan tema ini bisa menjadi bahan penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridlwan, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Doa dan Zikir
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Dakwah; ilmu hikmah; pesan dakwah; dzikir dan doa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:37
Last Modified: 22 Nov 2018 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item