Analisis pesan dakwah konsep Asabiyyah dalam buku Sosiologi Islam karya Syarifuddin Jurdi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, M. Ainur (2011) Analisis pesan dakwah konsep Asabiyyah dalam buku Sosiologi Islam karya Syarifuddin Jurdi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Ainur Rohman_B01205047.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi dapat dijelaskan secara singkat sebagai penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media. Bila berpatokan pada jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), maka pesan dakwah yang disampaikan haruslah mengandung unsur dakwah yaitu mengajak seseorang pada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. Seperti dalam buku Sosiologi Islam: Elaborasi Pemikiran Ibn Khaldun karangan Syarifuddin Jurdi yang mangkaji secara elaborasi konsep Asabiyyah, memiliki pesan dakwah dalam konteks sosio-kultural. Hal inilah yang menjadi acuan bagi peneliti untuk dapat diteliti lebih sistematis. Dari latar belakang tersebut, peneliti merwnuskan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana elaborasi konsep Asabiyyah dalam buku "Sosiologi Islam" karya Syarifuddin Jurdi? 2) Bagaimana pesan dakwah konsep Assabiyyah dengan menggunakan teori semiotik?. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif non kancah. Kemudian data diperoleh dari kajian kepustakaan dan dokumentasi, serta perbandingan dengan karya lain yang mengkaji tentang hal yang sama. Sedangkan dalam menemukan makna yang terkandung, peneliti menggunakan analisis tanda Ferdinand De Saussure, mengkaji konsep Asabiyyah dalam konteks komunikasi Islam (pesan dakwah). Dari hasil analisis penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) terdapat elaborasi konsep Asabiyyah dalam buku sosiologi Islam karya Syarifuddin Jurdi yang mengartikan dengan solidaritas sosial atau kesetiakawanan. 2) terdapat pesan dakwah dalam konteks dakwah sosial, meliputi; a) Pesan untuk bennasyarakat dan berkelompok. b) Pesan untuk setiap masyarakat memiliki ciri khas dan kepribadian yang khas, dan c) Pesan sebagai piranti dalam masyarakat untuk menjalankan akidah. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, peneliti dalam elaboratif konsep Asabiyyah masih dapat berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Mungkin saat ini, di Indonesia sering terjadi fenomena berbau sara. Sehingga perlu adanya pengkajian dan penerapan tentang fenomena-fenomena dengan bingkai konsep Asabiyyah. Serta pesan dakwah dalam konsep Assabiyyah penelitian ini, masih pada taraf konseptual sehingga perlu adanya pengembangan yang bersifat aplikatif khususnya dalam jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, M. AinurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Keywords: Asabiyyah; Ibnu Khaldun; Buku Sosiologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:47
Last Modified: 26 Nov 2018 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item