Pemberontakan perempuan pesantren: analisis pesan dakwah perspektif gender dalam film Perempuan Berkalung Sorban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidya, Rafika Hidayatul (2009) Pemberontakan perempuan pesantren: analisis pesan dakwah perspektif gender dalam film Perempuan Berkalung Sorban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rafika Hidayatul Maulidya_B31205002.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28828

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Apa pesan dakwah perspektif gender yang terkandung dalam Film "Perempuan Berkalung Sorban", (2) Bentuk ketidak adilan gender apakah yang paling menonjol dalam Film "Perempuan Berkalung Sorban". Adapun tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah Ingin mengetahui apa pesan dakwah perspektif gender yang terkandung dalam film "Perempuan Berkalung Sorban" dan mengetahui bentuk ketidak adilan gender yang menonjol dalam Film "Perempuan Berkalung Sorban" berdasarkan teori analisis isi perspektif gender. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini digunakanlah metode kualitatif non kancah. Kemudian data yang di peroleh, penulis melakukan observasi dan dokumentasi. Data kemudian di analisis menggunakan metode analisis isi perspektif gender. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pesan dakwah perspektif gender yang terkandung dalam film "Perempuan Berkalung Sorban" adalah yang berhubungan dengan syariah, dan akhlaq. (2) Bentuk ketidakadilan gender yang paling menonjol dalam Film "Perempuan Berkalung Sorban" adalah kekerasan (violence) terhadap perempuan, yang berupa kekerasan yang berbentuk pemerkosaan dalam perkawinan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yaitu adanya tindak pemukulan, dan kekerasan dengan bentuk pelecehan seksual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidya, Rafika HidayatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Pesantren
Wanita
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Pemberontakan; pesantren; pesan dakwah; perspektif gender; film Perempuan Berkalung Sorban
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2018 08:18
Last Modified: 28 Nov 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item