Perbandingan antara press release PT. Astra Honda Motor dan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia: studi analisis wacana pendekatan Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aptika, Risya Nurul (2010) Perbandingan antara press release PT. Astra Honda Motor dan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia: studi analisis wacana pendekatan Van Dijk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risya Nurul Aptika_B06206051.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28846

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: I. Bagaimana struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik dan retoris press release PT. Astra Honda Motor dan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia, 2. Bagaimana strategi public relations PT. Astra Honda Motor dan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia dalam membentuk citra perusahaan melalui press release. Dalam mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode analisis wacana dengan pendekatan kritis model Van Dijk yang berguna mendeskripsikan makna teks melalui beberapa struktur wacana. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1. Topik yang diangkat kedua perusahaan tersebut mengenai kesuksesan masing-masing perusahaan. Press release antara AHM dan YMKI memiliki kesamaan yakni sebagai ajang pembentukan citra perusahaan. Dalam keseluruhan press release tidak ada kalimat-kalimat yang menyudutkan suatu pihak, namun keduanya sama-sama mengunggulkan perusahaan melalui bahasa yang dipakai. 2. PR PT. AHM berusaha memberitakan kondisi perusahaan yang mengalami peningkatan dari segi penjualan. Penggunaan bahasa yang rapi mencerminkan kepribadian perusahaan yang secara tidak langsung mempengaruhi image produk yang ditelurkan sebagai sepeda motor berkualitas tinggi. Penyertaan kutipan wawancara menjadi penguat fakta yang diberitakan dalam press release. Sedangkan PR PT. YMKI membuat press release tersebut lebih persuasif tanpa ada penyudutan terhadap pihak lain. Ucapan terima kasih terhadap pihak lain sering disematkan dalam teks sehingga menarik simpati pembaca, yang pada akhirnya pembaca/publik menangkap pemahaman bahwa YMKI merupakan perusahaan yang friendly dan handal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aptika, Risya NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Press release; public relations; analisis wacana; pendekatan Van Djik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 02:36
Last Modified: 04 Dec 2018 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28846

Actions (login required)

View Item View Item