Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Susi (1995) Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Susi Faizah_019100111.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28852

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat desa, Kepala Desa merupakan pangkal dari pada kegiatan-kegiatan, proses atau kesediaan merubah pandangan atau sikap dari warga masyarakat dalam setiap hubungan. Dengan mementingkan tindak tanduk dan bukan ucapan atau pidatonya saja, juga harus memiliki kepribadian panutan atau penuntun umum. Dirinya memiliki sifat yang dapat dicontoh dan di teladani oleh rakyatnya. Keteladanan itu meliputi tutur katanya, sikap perbuatan dan tindakan kepernimpinannya, sehingga masyarakat mau meneladani dan bersedia melaksanakan apa yang diharapkannya. Masalah yang diangkat dalah pembahasan ini adalah bagaimana deskripsi tentang pelaksanaan pemilihan Kepala Desa oleh orang-orang yang beragama Islam di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo pada tahun 1994 dan tahun 1995? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan pemilihan Kepala Desa tersebut, apakah ada penyimpangan-penyimpangan dari hukum Islam? Data diperoleh dengan cara observasi, interview dan dokumen. Pada akhir pembahasan diperoleh kesimpulan diantaranya bahwa pelaksanaan pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, berpedoman pada Peraturran Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 1981 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, Pemberhentian Sementara, dan Pemberhentian Kepala Desa yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 1988 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa. Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo terdapat unsur-unsur penyimpangan dari norma hukum Islam yaitu dengan cara pembagian uang oleh para calon Kepala Desa dengan maksud agar memilihnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Susi--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Desa
Kepemimpinan
Pemilihan Umum
Keywords: Pemilihan Kepala Desa; pemimpin masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2018 08:33
Last Modified: 04 Dec 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28852

Actions (login required)

View Item View Item