Tinjauan tentang jual beli Tebasan Gabah di Desa Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Abd. (1992) Tinjauan tentang jual beli Tebasan Gabah di Desa Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Rahman_018510104.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28907

Abstract

Dalam masyarakat Islam di kenal bentuk jual beli, dengan sistim tebasan, sistim ini dapat di jum pai dalam praktek jual beli gabah yang masih hijau atau setengah menguning di kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Pembelian secara borongan (tanpa hitungan satuan secara rinci) membeli gabah tersebut kepada petani secara sepintas, dalam praktek jual beli ini mengandung kekaburan tentang barang yang di jadikan obyek jual beli baik kwalitatif maupun kwantitatif. Masalah yang hendak dibahas dalam skripsi ini adalah Bagaimana deskripsi tentang praktek jual beli tebasan gabah selama tahun 1990 di desa Rembang Kecamatan Rembang kabupaten Pasuruan yang di lakukan orang-orang Islam. Apakah praktek jual beli tebasan tersebut sejalan dengan norma-norma jual beli Islam atau tidak. Penelitian ini merupakan jenis lapangan maka data yang diperoleh juga berasal dari obyek penelitian yang kemudian dikumpulkan lalu dengan proses editing, pengorganisasian data dan analisis maka diterapkanlah metode induksi dan komparatif dalam mengambil suatu kesimpulan, diantaranya bahwa praktek jual beli tebusan gabah di desa Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Calon pembeli selalu menda patkan sikap dan tindakan yang baik serta sopan dari pemilik sawah sampai proses tawar menawar, dengan berpedoman pada hasil panen tahun sebelumnya, dan penetapan harga akhir berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak yang sistim pembayarannya selalu tidak tunai, juga bukti dalam perikatan sebagian membutuhkan catatan sebagian hanya di dasarkan ijab qobul setelah kesepakatan harga, yang merupakan kebiasaan dalam jual beli tebasan hingga samapi pada penyerahan gabah (padi) sepenuhnya pada penebus dengan ketentuan sekitar 2 minggu lagi masa panenan, baik ongkos maupun peralatan di tanggung penebas. Dalam jual beli ini kedua belah pihak selalu mem peroloh keuntungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Abd.--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Pertanian
Keywords: Jual beli; hasil pertanian; Padi; Tebasan Gabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 03:00
Last Modified: 21 Dec 2018 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28907

Actions (login required)

View Item View Item