PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PROGRAM TA’LIM AL-QUR'AN DI SMP KHADIJAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurnia PS, Alaika Muhammad Bagusus (2015) PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PROGRAM TA’LIM AL-QUR'AN DI SMP KHADIJAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Di SMP Khadijah Surabaya, terdapat pembelajaran baca al-Qur’a>n yang termasuk dalam kategori pengembangan diri yang dikenal dengan TQ (Ta’li>m al-Qur’a>n) atau biasa disebut oleh kalangan umum adalah tarti>l al-Qur’a>n. Adapun
tujuan dari kegiatan ta’li>m al-Qur’a>n ini adalah sebagai upaya untuk menyamakan dan meningkat kemampuan baca al-Qur’a>n siswa-siswi di SMP Khadijah serta membentuk siswa yang berakhak qurani yang sesuai dengan visi dari SMP Khadijah itu sendiri. Program ini dinilai sudah menjadi program unggulan dan banyak dikenal di kalangan masyarakat umum tidak hanya dari dalam kota, akan tetapi dari luar kota
juga. Oleh sebab itu penulis ingin mengadakan penelitian tentang pelaksanaannya,problematika yang muncul pada prosesnya dan juga upaya sekolah dan guru dalam Mengatasinya. Berdasarkan alasan tersebut penulis
mengangkat judul “Problematika dan Solusi Pelaksanaan Program Ta’li>m Al-Qur’a>n di SMP Khadijah Surabaya”
sebagaipenelitian dalam tugas skripsi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dari pelaksanaan program TQ ini serta upaya sekolah dan guru dalam mengatasi hambatan itu. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field qualitative research) dengan pendekatan kurikulum sekolah. Dan metode yang digunakan dalam menganalisis datanya adalah content Analysis (Analisis Isi).Oleh karena itu, guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan, peneliti mengambil data yang berhubungan dengan judul skripsi ini lalu menganalisisnya sehingga mendapatkan apa yang dimaksud dalam tujuan penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, maka kami menyimpulkan bahwa: pertama, faktor-faktor pendukung dalam program ta’li>m al-Qur’a>n adalah guru yang professional Dan berpengalaman, adanya evaluasi harian, bulanan dan tiap semester, adanya ujian terbuka dan wisuda al-Qur’an, adanya tashi>h (koreksi dan perbaikan) bacaan, dan kegiatan khotmil Qur’a>n. Sedangkan faktor penghambat dalam program ta’li>m al- Qur’a>n di antaranya adalah yang berhubungan dengan siswa misalnya perbedaan karakter dan tingkat intelegensi anak, yang berhubungan dengan guru misalnya Standar Kompetensi guru (ustadz dan ustadzah) belum maksimal, cara mengajar guru di kelas yang monoton dan kurang menarik, sarana dan prasarana kurang ideal, dan
lain sebagainya. Kedua, upaya sekolah dan guru untuk mengatasi hambatan atau problem tersebut diantaranya adalah penyediaan guru yang bersertifikat tilawati, guru berinisiatif mengadakan MMQ untuk peningkatan kualitas pembelajaran guru TQ,guru bersikap tegas kepada siswa yang malas, guru mengadakan kegiatan koreksi dan perbaikan bacaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurnia PS, Alaika Muhammad BagususUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Problem Based Instruction
Keywords: Ta’lim Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Aries Hamidah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2015 02:17
Last Modified: 30 Nov 2015 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item