Perbandingan pemikiran Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb tentang penerapan syari'at Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ana, Rofiatul (2009) Perbandingan pemikiran Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb tentang penerapan syari'at Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofiatul Ana_A02205009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Perbandingan Pemikiran Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb Tentang Penerapan Syariat Islam. Permasalahan yang diteliti di sini dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu: 1. Bagaimana tinjauan politik Islam untuk penerapan syariat Islam secara umum?; 2. Bagaimana pemikiran Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb tentang penerapan syariat Islam?; dan 3. Adakah sisi persamaan dan perbedaan antara pemikiran Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb tentang penerapan syariat Islam? Berkenaan dengan itu, maka penelitian kepustakaan (library research) ini menggunakan pendekatan historis dan politik, yang bertujuan untuk memberikan pandangan secara jelas tentang penerapan syariat Islam yang digagas oleh Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa pemikiran Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutb mempunyai substansi dan agenda akhir yang sama, yakni menegakkan politik Islam, di mana syariat Islam harus dijadikan sebagai konstitusi (UUD) negara. Apa pun bentuk negaranya, baik republik atau kerajaan, yang penting negara dapat menjalankan syariat Islam dengan sempurna. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan itu, mereka mempunyai strategi dan cara sendiri-sendiri. Hasan Al-Banna cenderung bersikap moderat, dengan tidak menyatakan sikapnya secara langsung dengan pemerintahan yang ada. Dengan demikian, Al-Banna ikut mencalonkan diri untuk menjadi anggota parlemen dalam pemilu tahun 1942 di Mesir, dengan tujuan ingin menyebarkan dakwah. Sedangkan Sayyid Qutb cenderung bersikap radikal, pro-kekerasan dengan senang dan percaya pada tindakan langsung melawan pemerintah yang ada. Karena itu, ia tak pernah ikut mencalonkan diri dalam pemilu yang pernah terjadi di Mesir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ana, RofiatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pemikiran; Hasan Al-Banna; Sayyid Qutb; Syari'at Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:25
Last Modified: 02 Jan 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28953

Actions (login required)

View Item View Item