Animasi bang one dalam program berita TV One versi nggak suka 34 parpol: studi analisis semiotic model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Natsriyah, Faidatun (2009) Animasi bang one dalam program berita TV One versi nggak suka 34 parpol: studi analisis semiotic model Roland Barthes. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faidatun Natsriyah_B06205021.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28962

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana simbol-simbol yang ada dalam tayangan Animasi Bang One versi "nggak suka 34 parpol" (2) bagaimana makna simbol-simbol Animasi Bang One versi "nggak suka 34 parpol". Untuk menjawab fokus penelitian tersebut, maka peneliti menggunakan analisis semiotik dengan metodologi penelitian kualitatif interpretatif Peneliti menggunakan semiotik model Roland Barthes yang tertuju pada gagasan tentang signifikasi dua tahap (Two Order Signification). Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) simbol-simbol yang ada dalam Tayangan Animasi Bang One versi "Nggak Suka 343 Parpol" antara lain yaitu berupa ekspresi-ekspresi yang mengisyaratkan ketidaksukaan masyarakat akan adanya 34 partai politik yang ikut sebagai peserta dalam pemilu 2009. Selain ekspresi-ekspresi tersebut, tayangan ini juga menyajikan teks dalam sebuah balon kata yang menggambarkan kondisi politik di pandang dari berbagai aspek kehidupan masyarakat. Seperti misalnya kehidupan ekonomi dan sosial. Teks-teks tersebut seolah menegaskan sikap mereka yang tidak menyukai adanya 34 parpol. Yang kesemua simbol tersebut adalah bentuk reaksi masyarakat terhadap pengumuman KPU mengenai partai-partai peserta pemilu 2009. (2) Nyatanya politik sangat mempengaruhi seluruh masyarakat. Tak hanya laki-laki, wanita bahkan anak-anak tidak luput memandang kondisi politik Indonesia. Tak hanya itu politik juga mempengaruhi seluruh lapisan masyarakat dari tingkat bawah, menengah dan tingkat atas. Hal ini terlihat dari atribu-atribut yang digunakan tokoh dalam tayarigan Animasi Bang One versi "Nggak Suka 34 Parpol".Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah (1) Bagi masyarakat hendaknya lebih kritis dalam memilih partai politik pada pemilihan umum selanjutnya. (2) Bagi tim pembuat program berita hendaknya lebih kreatif dalam mengemas program acara berita sehingga tidak terkesan monoton dan membosankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Natsriyah, FaidatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Komunikasi
Keywords: Animasi bang one; berita TV one; semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:01
Last Modified: 03 Jan 2019 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28962

Actions (login required)

View Item View Item