Konseling Islam dengan terapi Rasional Emotif Behavior dalam mengatasi stres ibu muda di Desa Boteng Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Hariyati Mustika (2019) Konseling Islam dengan terapi Rasional Emotif Behavior dalam mengatasi stres ibu muda di Desa Boteng Menganti Gresik. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hariyati Mustika Dewi_B93215102.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah 1. Bagaimana proses konseling Islam dengan terapi rasional emotif behavior dalam mengatasi stres ibu muda 2. Bagaimana hasil dari konseling Islam dengan terapi rasional emotif behavior dalam mengatasi stres ibu muda. Dalam menjawab penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi khasus. Dengan pendekatan ini peneliti melakukan metode kualitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi kasus. Metode penelitian kualitatif itu sendiri merupakan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dengan membandingkan klien sebelum dan sesudah diberi terapi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya proses pelaksanaan konseling Islam dengan terapi rasional emotif behavior dalam mengatasi stres ibu muda. Terapi ini dilakukan untuk menghilangkan pikiran irasional seorang ibu muda yang stres karena takut berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Karena memiliki trauma akan masa lalunya karena hamil di luar nikah, sehingga permasalahan ini membuat klien stres. Dengan ini konselor menggunakan konseling Islam dengan ayat al-Quran. Juga dengan diberikan terapi rasional emotif behavior dengan tiga terapi yaitu; terapi kognitif, teknik prilaku dan humor dengan cara mengubah pola pikir irasional menjadi rasional kembali dan tahap terakir memberi homework. Hasil dari metode ini dapat dikatakan berhasil karena terdapat perubahan terhadap diri klien sebelum dan sesudah diterapi. Awalnya ada 7 gejala stres yang sering dilakukan, sekarang sudah berkurang menjadi 3 gejala. Klien sekarang lebih optimis dalam menjalan hibup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Hariyati Mustikahariyatimustika dewi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga
Keywords: Konseling Islam; terapi Rasional emotif behavior; stres
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dewi Hariyati Mustika
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:29
Last Modified: 11 Feb 2019 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29248

Actions (login required)

View Item View Item