المحسّنات اللفظية والمعنوية في سورة النور: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dakoha, Fida (2019) المحسّنات اللفظية والمعنوية في سورة النور: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fida Dakoha_A41215147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu badi’ adalah ilmu yang membahas tentang keindahan lafadz dan makna. keindahan lafadz tercakup dalam Muhassinaat lafziyah yang meliputi Jinas, Saja’, Iqtibas dan Raddul ajzi ala Shadr, sedangkan keindahan makna termuat daalam Muhassinaat maknawiyah yang meliputi Thibaq, Muqabalah, Tauriyah, Husn at-Ta’lil, Ta’kid al-Madh bi ma Yusybih adz-Dzam, Ta’kid adz-Dzamm bi ma Yusybih Al-Madh dan Uslub al-Hakim. Keindahan bahasa dan makna tidak bisa terpisah dengan bahasa Arab dan juga bahasa Al-Quran, orang membaca Al-quran tidak merasakan keindahan bahasanya, kalau tanpa memahami keindahan lafadz dan makna (Muhassinaat Lafziyah wal Maknawiyah). Surat An-Nur adalah surat madaniyyah yang mengandungi 64 ayat, nama surat An-Nur diambil dari ayat 35, dan berisi perintah Allah yang wajib dijalankan terkait hukum-hukum bagi para pelaku zina dan perselingkuhan, adab-adab sosial mengenai cara pergaulan terhadap masyarakat. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji tentang keindahan lafadz dan makna pada Surat An-Nur(Al-Muhassinaat Lafziyah wal Maknawiyah). Dari latar belakang tersebut peneliti ingin menganalisis Jinas, Saja, Thibaq dan Muqabalah sebagian dari Muhassinaat Lafziyah dan Maknawiyah dengan rumusan sebagai berikut: 1. Apa saja bentuk muhassinaat lafdiyah dalam Surat An-Nur? 2. Apa saja bentuk muhassinaat maknawiyah dalam Surat An-Nur?. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan metode pendekatan yang diguna adalah kajian analisis balaghah. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan bahawa dalam Surat An-Nur terkandung Jinas (Jinas Tam, Jinas Ghairut tam, Jinas Isytiqaq), Saja’ (Saja’ Muthorraf dan Mutawazi) , Thibaq (Thibaq Ijab dan Salab) dan Muqabalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dakoha, Fidafidaa3148@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Al Muhassinat Al Lafdhiyah Wa Al Ma’nawiyah; Surat An Nur
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dakoha Fida
Date Deposited: 11 Feb 2019 04:09
Last Modified: 11 Feb 2019 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item