Strategi Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Duta Masyarakat Dalam Mempertahankan Pelanggan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakti, Muhammad Bintang Sancaya (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Duta Masyarakat Dalam Mempertahankan Pelanggan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Muhammad Bintang Sancaya Sakti_B76215094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut industri media cetak harus dapat menyesuaikan diri. Munculnya media-media online menjadi tantangan insdutri media cetak dalam ruang lingkup persebaran informasi Strategi Komunikasi merupakan upaya bidang pemasaran untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan konsumen untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, strategi komunikasi dianggap penting untuk mempertahankan pelanggan. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi komunikasi surat kabar harian Duta Masyarakat dalam mempertahankan pelanggan. Mengungkap persoalan di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Kemudian pengumpulan data dilakukan menghimpun data dari hasil Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Data yang didapat dianalisis dengan cara analisis interaktif Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan uji coba kredibilitas dengan cara Triangulasi data.Dari pembahasan dan analisis di atas, peneliti menemukan beberapa temuan yang berkaitan dengan fokus penelitian, antara lain: Strategi Komunikasi Koran Harian Duta Masyarakat meliputi segmentasi, targeting, dan positioning. Dalam tahapan ini Duta Masyarakat menentukan, menganalisa serta menegaskan posisinya pada khlayak tentang keberadaan produk, bentuk produk, dan manfaat produk tersebut untk masyarakat. Penerapan konsep komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) yang bertujuan untuk mendekatkan diri dan memperoleh calon and loyalitas pelanggan. Periklanan yang dilakukan untuk mengenalkan, memposisikan dan mempertahankan eksistensi perusahaan, promosi penjualan yang dilakukan dengan kerjasama dengan beberapa instansi, penjualan langsung oleh agen khusus dan agen umum, serttapenjagaan hubungan dengan para agen. Strategi ini efiktif untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan dalam kegiatan pemasaran. Aplikasi yang dijalankan yaitu bidang pemasaran terjun langsung kelapangan karena lebih efisen jika langsung bertemu face to face dengan agen. Untuk mempertahankan pelanggan, Koran Harian Duta Masyarakat mempertahankan dan menjaga pola komunikasi yang baik untuk mendukung penjualan pemasaran dan kerjasama dengan beberapa lembaga dan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakti, Muhammad Bintang Sancayabintangsancaya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Pemasaran
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Mempertahankan Pelanggan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sakti Muhammad Bintang Sancaya
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:09
Last Modified: 11 Feb 2019 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29531

Actions (login required)

View Item View Item