Representasi pesan moral dalam film "dari gea untuk bapak" (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kristiyanti, Reni (2019) Representasi pesan moral dalam film "dari gea untuk bapak" (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Kristiyanti_B76215066.pdf

Download (11MB)

Abstract

Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, serta teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengamati film Dari Gea Untuk Bapak kemudian mengambil scene yang berhubungan dengan pesan moral, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce, yang menganalisis secara tiga tahap yaitu tanda (representament), pengguna tanda (interpretan), dan acuan tanda (object).Dari penelitian tersebut, peneliti menemukan banyak sekali pesan moral Religius Islami dalam film Dari Gea Untuk Bapak terdiri dari syukur, sabar, tolong menolong, ikhlas, saling berbagi, dan tulus. Hasil analisis dengan teori analisis Charles Sanders Peirce berupa representament (tanda), objek, dan nterpretant (proses penafsiran). Tanda yang terdapat dalam film berupa pesan-pesan moral, objek berupa tokoh Bapak dan Gea yang menjadi tokoh utama, dan untuk acuan tanda berupa sebuah pesan-pesan moral yang dilakukan oleh tokoh Bapak akan berdampak positif terhadap masyarakat/penikmat film.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kristiyanti, Renirenikristiyanti75@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kristiyanti Reni
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:54
Last Modified: 11 Feb 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29654

Actions (login required)

View Item View Item