الكلام الإنشائي الطلبي في سورة المدّثّر ( دراسة بلاغية )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Khoiriyatul (2019) الكلام الإنشائي الطلبي في سورة المدّثّر ( دراسة بلاغية ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoiriyatul Mawaddah_A71215068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam ilmu Balaghah, Kalam insya’i adalah kalam yang pembicaraannya tidak bisa disebut sebagai orang yang dusta atau sebagai orang yang benar. Kalam insya’i terbagi menjadi dua bagian, yaitu kalam insya’i thalabiy dan ghoiru thalabi. Kalam Insya’i Thalabiy adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi pada waktu kalimat itu diucapkan. Adapun pentingnya kalam insya’i thalabiy yaitu dapat mengetahui kalimat-kalimat yang diucapkan oleh seseorang dan makna-makna dari kalimat atau ucapan tersebut.Adapun fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah : (a) apa sajakah macam-macam kalam insya’i thalabiy dalam surat al-Muddassir, (b) apa sajakah makna-makna kalam insya’i thalabiy yang terdapat pada surat al-Muddassir.Metode yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisa stilistika (balaghah). Penggunaan metode tersebut adalah bertujuan agar menemukan unsur-unsur stilistika yang terdapat dalam surat al- Muddassir.Berdasarkan dari analisis, dapat diperoleh 16 kalam insya’i thalabiy dalam surat Al-Muddassir dengan 4 bentuk yang berbeda-bedam antara lain : Amar (Perintah) 7 ayat, Nahi (Larangan) 1 ayat, Istifham (Pertanyaan) 7 ayat, Nida’ (Panggilan)1ayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Khoiriyatulkhoiriyatulmawaddah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Kalam Insya’i, Surat al-Muddassir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mawaddah Khoiriyatul
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:47
Last Modified: 12 Feb 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item