Pesan dakwah lagu "Deen Assalam" dipopulerkan group gambus Sabyan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Illah, Makrifatul (2019) Pesan dakwah lagu "Deen Assalam" dipopulerkan group gambus Sabyan. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Makrifatul Illah_B91215096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjawab persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu apa pesan dakwah dalam lagu Deen Assalam yang dipopulerkan Group Gambus Sabyan. Untuk melakukan proses identifikasi secara mendalam dan menyeluruh pada persoalan ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, bersifat deskriptif.Maka untuk menjawab rumusan masalah ini, peneliti menggunakan model semiotika dengan teori yang di pakai peneliti adalah Roland Bathers. Yakni mencari makna denotasi, konotasi serta mitos yang ada di dalam lagu tersebut. Dari hasil ini, di temukan bahwa pesan dakwah yang terkandung dalam lagu Deen Assalam ini adalah terdapat dua pesan dakwah yakni pesan akhlak terhadap sesama manusia dan pesan aqidah dengan meyakini bahwa agama Islam adalah agama Tuhan, agama yang rahmat bagi semesta alam, tanpa adanya kekerasan.Untuk mendapatkan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih kompleks maka untuk peneliti berikutknya diharapkan bisa mengkaji karya-karya lagu Group Gambus Sabyan pada album lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Illah, Makrifatulilasasmita1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Komunikasi Islam
Keywords: Pesan dakwah; lagu Deen Assalam; analisis semiotika Roland Bathers
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Illah Makrifatul
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:29
Last Modified: 14 Feb 2019 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item