Peningkatan hasil belajar Tematik subtema Hidup Rukun di Sekolah menggunakan model Kooperatif tipe Think Pair Share (Tps) pada siswa Kelas II Mi H. Achmad Ali Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Nadhrotun (2019) Peningkatan hasil belajar Tematik subtema Hidup Rukun di Sekolah menggunakan model Kooperatif tipe Think Pair Share (Tps) pada siswa Kelas II Mi H. Achmad Ali Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhrotun Naimah_D97215099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukann karena rendahnya hasil belajar siswa kelas II MI H. Achmad Ali Surabaya pada pembelajaran 6 subtema hidup rukun di Sekolah. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, dari 27 siswa, hanya 13 siswa yang tuntas pada mata pelajaran PPKn dan 15 siswa pada mata pelajaran Matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada subtema hidup rukun di sekolah pada siswa kelas II MI. H. Achmad Ali Surabaya?. (2) Bagaimana peningkatan HASIL BELAJAR TEMATIK subtema hidup rukun di sekolah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas II MI H. Achmad Ali Surabaya? Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II MI H. Achmad Ali Surabaya yang terdiri dari 27 siswa. Penngambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 78 dan meningkat menjadi 85 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 79,5 dan meningkat menjadi 81,8 pada siklus II. Hasil belajar subtema hidup rukun di Sekolah pembelajaran 6 melalui penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mata pelajaran PPKn pada pra siklus sebesar 63,7 dengan prosentase 51,9%, pada siklus I menjadi 65,5 dengan prosentase 62,9%, dan meningkat menjadi 77,9 dengan prosentase 77,8% pada siklus II. Pada mata pelajaran matematika juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus sebesar 66,7 dengan prosentase 55,6%, pada siklus I menjadi 68,4 dengan prosentase 59,3%, dan meningkat menjadi 77,5 dengan prosentase 77,8% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Nadhrotunnadhrotun.naimah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Hasil Belajar; Tematik; Model Kooperatif TPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naimah Nadhrotun
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:14
Last Modified: 13 Feb 2019 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item