Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan pemahaman tema 1 subtema 1 materi nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VA MI Wachid Hasjim Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinanti, Reka Diah Ayu (2019) Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan pemahaman tema 1 subtema 1 materi nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VA MI Wachid Hasjim Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reka Diah Ayu Kinanti_D07215036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran yang berlangsung lebih berpusat pada guru dan membuat siswa cenderung pasif. Hasil penilaian harian tema 1 subtema 1 sebelumnya menunjukkan peserta didk yang memenuhi ketuntasan minimal hanya sebesar 47,36% pada mata pelajaran PPKn dan 68,42% pada mata pelajaranbahasa Indonesia. Proses pembelajaran selama ini berlangsung dengan menggunakan metode konvensional dan kurang diimbangi oleh pemanfaatan media, sehingga tingkat pemahaman siswa menjadi kurang diperhatikan, maka dari itu perlunya penerapan model discovery learning sebagai salah satu solusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanakan model discovery learning dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema 1 subtema nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VA MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi tema 1 subtema nilai-nilai Pancasila setelah diterapkan model discovery learning pada siswa kelas VA MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo? Penelitian ini dilaksanakan di MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklusnya memiliki 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refeksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalaui proses wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model discovery learning terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. aktivitas guru dari siklus I dengan nilai 72,5 meningkat menjadi 86,66 pada siklus II. aktivitas siswa dari siklus I dengan nilai 70,19 meningkat menjadi 82,69 dalam siklus II (2) Pemahaman siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada prasiklus memperoleh ketuntasan sebesar 47,36% (sangat kurang) dengan rerata 71,05 pada PPKn dan 68,42% (cukup) dengan rerata 70,78 pada Bahasa Indonesia. Meningkat pada siklus I menjadi 65,785% (cukup) dengan rerata 70,28 pada PPKn dan 76,31% (cukup) dengan rerata 78,50 pada Bahasa Indonesia. Meningkat pada siklus II menjadi 81,57% (baik) dengan rerata 80,39 pada PPKn dan 89,47% (baik) dengan rerata 83,60 pada Bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinanti, Reka Diah Ayudiah.kinan357@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pancasila
Keywords: Pemahaman; Nilai-Nilai Pancasila; Model Discovery Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kinanti Reka Diah Ayu
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:41
Last Modified: 13 Feb 2019 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29883

Actions (login required)

View Item View Item