Pendampingan kesehatan masyrakat melalui penggalakan apotek hidup di Desa Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahasin, Muhammad Nasirul (2019) Pendampingan kesehatan masyrakat melalui penggalakan apotek hidup di Desa Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nasirul Mahasin_B72214035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada pendampingan kesehatan masyarakat dalam menggalakan apotek hidup banyaknya tanaman-tanaman yang memiliki manfaat menyembuhkan dan mencegah penyakit menjadi faktor utama dalam pedampingan kesehatan ini. Diantara tanaman-tanaman tersebut adalah kunyit, lengkuas, sereh, jahe, tomat, cabai, binahong dan mengkudu. Badan kesehatan dunia (WHO) telah mencanangkan program hidup sehat melalui back to nature atau kembali ke alam. Lembaga itu menganjurkan penggunaan bahan makanan berserat dari tumbuh-tumbuhan, tanpa adanya penambahan pewarna, peningkat rasa, peningkat aroma dan pengawet buatan. Dalam hal ini pemerintah mulai serius mengembangkan tanaman obat (apotek hidup) sesuai anjuran WHO. Terkait anjuran itu, diharapkan penyebab timbulnya penyakit dapat di minimalkan, sementara bagi orang yang sakit dapat cepat disembuhkan. Pada kegiatan pendampingan ini, peneliti menggunakan metode penelitian Asset Based Community Development (ABCD, metode ini, lebih mengedepankan masyarakat untuk memberdayakan aset yang mereka miliki. Partisipasi masyarakat sebagai subjek perubahan, awal kegiatan yaitu mulai dari pemetaan, proses Focus Group Discusion (FGD) Bersama masyarakat, melakukan aksi perubahan sampai dengan evaluasi mendadi kunci utama daklam pendampingan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahasin, Muhammad Nasirulmahasinirul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Keywords: Pendampingan Kesehatan; Aset Mayarakat Wonosari; Tanaman Apotek Hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mahasin Muhammad Nasirul
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:41
Last Modified: 14 Feb 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29950

Actions (login required)

View Item View Item