Strategi pelayanan administrasi haji dan umroh di PT Al-Multazam utama nusantara Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Rini Puji (2019) Strategi pelayanan administrasi haji dan umroh di PT Al-Multazam utama nusantara Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rini Puji Astutik_B94215039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah strategi pelayanan administrasi jamaah haji dan umroh di PT Al-Multazam Utama Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan trianggulasi data dan meningkatkan ketekunan untuk menguji keabsahan data, sekaligus menggunakan pengecekan data dari berbagai sumber, selanjutnya peneliti memilah-milah data, menyajikan data, dan menganalisis data secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa keberhasilan pelayanan administrasi adalah dengan menerapkan strategi pelayanan yang baik. Penerapan strategi meliputi penerapan sandart operasional pelayanan dalam melakukan pelayanan, pemberian pelayanan yang ramah dan sopan, menjaga kebersihan dan kerapian tempat pelayanan, menjalin keakraban dan keramahan pegawai dengan jamaah, membantu setiap kesulitan jamaah, memiliki pegawai berkompetensi. Dalam pelayanan, perusahaan selalu mengalami kendala atau hambatan. Faktor – faktor hambatan dalam pelayanan adalah berubah-ubahnya peraturan pemerintah secara mendadak tentang pelaksanaan haji dan umroh, ketidak lengkapan data jamaah, keterlambatan pelunasan, kekurangan SDM. Dengan adanya hambatan, perusahaan selalu mencari cara untuk mengatasi hambatan.Dari pelayanan yang diberikan secara maksimal, calon jamaah yang awalnya ragu untuk mendaftar, pada akhirnya calon jamaah bergabung dengan Al-Multazam. Perusahaan memberikan pelayanan terbaik untuk semua jamaahnya. Al-Multazam memberikan pelayanan secara maksimal, sehingga Al-Multazam menjadi biro travel haji umroh yang terpercaya, terbukti dengan Al-Multazam memiliki jamaah yang terus meningkat setiap tahunnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Rini Pujirinipuji226@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Strategi Pelayanan Administrasi; Faktor Hambatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Astutik Rini Puji
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:29
Last Modified: 13 Feb 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29965

Actions (login required)

View Item View Item