Kontroversi Tayub di tengah masyarakat Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuddin, Wahid (2019) Kontroversi Tayub di tengah masyarakat Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Wahid Wahyuddin_B75213067.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua, yakni Bagaimana Proses Pelaksanaan Seni Tayub dan Bagaimana Bentuk Kontroversi Tayub Dalam Masyarakat Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Namun dalam rumusan masalah tersebut terdapat sebuah sub pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai pada waktu apa saja pelaksanaan tayub dan juga membahas konflik di dalam Masyarakat Desa Gaji. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan seni tayub dan juga untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kontroversi tayub di Desa Gaji. Selain itu juga untuk mengetahui kapan saja waktu pelaksaan atayub. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada Masyarakat Desa Gaji ini adalah teori Konflik Dahrendorf. Proses pelaksanaan seni tayub biasa dilakukan pada upacara sedekah bumi di Sumur Mbopong Desa Gaji, perayaan sedekah bumi di Sumur Mbopong tersebut dilaksanakan setiap Satu Tahun sekali. Selain dalam sedekah bumi, tayub juga ditampilkan sebagai hiburan pada acara nikahan, khitanan dan ulang Tahun. Bentuk kontroversi tayub di tengah masyarakat Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban bermacam-macam, mulai dari konflik antar individu, kelompok dengan kelompok, dan kelompok dengan masyarakat luas. Konflik yang terjadi di masyarakat dipicu karena adanya sebuah prilaku menyimpang yang di sebabkan oleh tayub, prilaku menyimpang tersebut berupa pakain penari yang terbuka, minum-minuman keras dan juga terjadi perkelahian

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuddin, Wahidyyudi2464@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Konflik sosial
Sosiologi
Keywords: Kontroversi; Tayub.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Wahyuddin Wahid
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:55
Last Modified: 14 Feb 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30070

Actions (login required)

View Item View Item