فعالية تطبيق نموذج التعليم لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن بمدرسة حسن الدين المتوسطة الإسلامية غيدانجان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauludiah, Riskha (2019) فعالية تطبيق نموذج التعليم لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن بمدرسة حسن الدين المتوسطة الإسلامية غيدانجان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskha Mauludiah_D72214035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di Mts Hasanuddin memerlukan perhatian lebih. Terutama dalam pembelajaran kitabah. Kemampuan menulis siswa masih rendah. Mereka kesulitan dalam menyusun atau membuat sebuah kalimat. Ditambah dengan guru yang menggunakan metode atau model pembelajaran yang masih klasik. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti memilih menerapkan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Yang mana model pembelajaran tersebut dirasa mampu mengatasi permasalahan kemampuan menulis siswa. Adapun rumusan masalahnya yakni : 1) bagaimana kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo 2) bagaimana penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo 3) bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui tes (pre test dan post test), wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil kemampuan siswa dalam kemampuan menulis yakni dalam ranah cukup baik. Penerapan model pembelajaran Scramble juga baik dan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan menulis dalam pembelajaran Bahasa Arab. Terdapat efektivitas penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo karena penilaian T-hitung lebih besar dari T-tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauludiah, Riskhariskha.mauludiah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Model Pembelajaran Scramble; Kemampuan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mauludiah Riskha
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:10
Last Modified: 14 Feb 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30171

Actions (login required)

View Item View Item