Analisis faktor internal dan eksternal yang membentuk motivasi konsumen dalam memilih jasa Pegadaian Syariah Sidoarjo: studi kasus Pegadaian Syariah cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farokhi, Muhammad Afif (2019) Analisis faktor internal dan eksternal yang membentuk motivasi konsumen dalam memilih jasa Pegadaian Syariah Sidoarjo: studi kasus Pegadaian Syariah cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afif Farokhi_G94214177.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Faktor internal Dan Eksternal Yang Membentuk Motivasi Konsumen Dalam Memilih Jasa Pegadaian Syariah Sidoarjo (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo)” merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab mengenai apa saja faktor yang membentuk motivasi konsumen dalam memilih Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo dan bagaimana analisis faktor internal dan eksternal yang membentuk motivasi konsumen dalam memilih jasa Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana metode ini digunakan untuk pemecahan masalah dengan informasi yang didapat dari wawancara secara langsung dengan nasabah Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo mengenai permasalahan yang penulis angkat. Faktor-faktor yang membentuk motivasi konsumen dalam memilih Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo yaitu Sikap, dimana perilaku pegawai Pegadaian Syariah Sidoarjo yang disampaikan oleh nasabah dalam pelayanannya ramah dan murah senyum. Kemudian budaya, dimana pegawai Pegadaian Syariah Sidoarjo selalu memberikan informasi kepada nasabah yang akan jatuh tempo dengan jarak satu minggu dan sehari sebelumnya sehingga nasabah menjadi suka dan terus menjadi nasabah di Pegadaian Syariah Sidoarjo. Kemudian kelompok, yaitu nasabah memiliki informasi dari kerabat, teman maupun saudara yang sudah pernah ke Pegadaian Syariah Sidoaro tentang produk jasanya dan nasabah juga memiliki informasi ketika di Pegadaian Syariah Sidoarjo saat berinterkasi dengan pegawainya, nasabah ketika bertanya tentang akad maupun produk jasanya tidak hanya kepada penaksir saja melainkan bisa ke satpam maupun kasirnya dan mereka memberikan jawaban. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang membentuk motivasi konsumen Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo yaitu, sikap, yaitu nasabah memberikan pendapatnya dari transaksi yang pernah dialaminya. Budaya, yaitu kegiatan yang pernah dilakukan nasabah dan terjadi secara berulang-ulang dari sistem yang ditawarkan. Kelompok, yaitu interaksi yang diberikan oleh pegawai Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo, kerabat maupun saudara nasabah yang bersangkutan untuk memenuhi kebutuhan nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Motivasi; Faktor yang Membentuk Motivasi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farokhi, Muhammad Afifafifrockhhi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Farokhi Muhammad Afif
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:43
Last Modified: 15 Feb 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item