Pengembangan Mobile Game "Slime Mathematics" menggunakan G-Develop Software sebagai media latihan soal UN SMA dengan memperhatikan 3 Level Kognitif Soal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyaningrum, Nur Aini (2019) Pengembangan Mobile Game "Slime Mathematics" menggunakan G-Develop Software sebagai media latihan soal UN SMA dengan memperhatikan 3 Level Kognitif Soal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Widyaningrum_D74214039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu alternatif untuk mengatasi malasnya siswa dalam berlatih soal adalah menyajikan latihan soal tersebut dalam kemasan yang lebih menarik dan interaktif. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah game yang diberi nama “Slime Mathematics” sebagai media latihan soal persiapan UN berbasis Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kevalidan hasil pengembangan Slime Mathematics; (2) kepraktisan hasil pengembangan Slime Mathematics; dan (3) keefektifan penerapan hasil pengembangan Slime Mathematics. Game “Slime Mathematics” dikembangkan mengacu model pengembangan multimedia Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap, yaitu concept, design (mengembangkan flowchart), materiall collecting, asembly, testing, dan distribution. Game di uji cobakan pada 33 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrumen lembar validasi, angket respon siswa, dan mobile tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kevalidan Game “Slime Mathematics” memenuhi kategori “sangat valid” dengan rata-rata 4,05 dari ahli media, serta 4,9 dari ahli pengguna. Selain itu, Game “Slime Mathematics” memenuhi kategori “praktis” dapat digunakan serta mendapat respon positif siswa sebesar 87,89%. Game “Slime Mathematics” juga memenuhi kategori “efektif” dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,73%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyaningrum, Nur Ainiwidyaningrumnuraini@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Keywords: Media pembelajaran; Game “Slime Mathematics”; 3 Level Kognitif Soal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Widyaningrum Nur Aini
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:49
Last Modified: 15 Feb 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30342

Actions (login required)

View Item View Item