Kontribusi bakat Numerik, minat dan cara belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayogi, Moh. Budiyanto (2019) Kontribusi bakat Numerik, minat dan cara belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Budiyanto Suprayogi_D04212044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar matematika adalah Bakat numerik dan minat sedangkan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah cara belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kontribusi pengaruh langsung bakat numerik (X1) terhadap hasil belajar matematika (Y), (2) bagaimana kontribusi pengaruh tidak langsung bakat numerik (X1) terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui minat belajar (X2), (3) bagaimana kontribusi pengaruh tidak langsung bakat numerik (X1) terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui cara belajar (X3), (4) bagaimana kontribusi pengaruh langsung minat belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y), (5) bagaimana kontribusi pengaruh tidak langsung minat belajar (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui cara belajar (X3), (6) bagaimana kontribusi pengaruh langsung cara belajar (X3) terhadap hasil belajar matematika (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 29 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 dengan total 12 kelas. Sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpililah kelas VII-C dengan jumlah sampel 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, soal dan dokumentasi. Instrumen tersebut digunakan untuk mengambil data bakat numerik (X1), minat belajar (X2), cara belajar (X3) dan hasil belajar matematika (Y). Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahwa bakat numerik (X1) berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 43%, (2) bakat numerik (X1) berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui minat belajar (X2) sebesar 10,69%, (3) bakat numerik (X1) berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui cara belajar (X3) sebesar 10,72%, (4) minat belajar (X2) berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 48%, (5) minat belajar (X2) tidak berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui cara belajar (X3), (6) cara belajar (X3) berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 47%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayogi, Moh. Budiyantomuhammadbudiyanto27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Bakat Numerik; Minat Belajar; Cara belajar; Hasil belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Suprayogi Moh. Budiyanto
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:13
Last Modified: 15 Feb 2019 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30350

Actions (login required)

View Item View Item