Perancangan dan analisis papan informasi digital berwawasan green campus berbasis Internet of Things(IoT)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulistia, Cahya Hari (2019) Perancangan dan analisis papan informasi digital berwawasan green campus berbasis Internet of Things(IoT). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cahya Hari Sulistia_H76214014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Teknologi informasi merupakan sebuah fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Kemajuan teknologi informasi banyak merubah pola distribusi informasi dari media cetak menjadi media digital. Papan informasi digital merupakan bentuk perkembangan teknologi informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi kepada khalayak umum pada tempat pelayanan masyarakat. Namun penggunaan papan informasi digital ini perlu dievaluasi karena banyak lembaga yang menggunakan personal computer(PC) sebagai resource control papan informasi digital, sedangkan PC memerlukan daya yang tidak sedikit. Solusi yang dapat ditawarkan ialah implementasi papan informasi digital berwawasan green campus yang hemat energi dan berbasis Internet of Things(IoT) menggunakan raspberry pi. Dengan adanya papan informasi digital berbasis IoT, tempat pelayanan masyarakat dapat menampilkan informasi secara dinamis, dapat dikontrol jarak jauh, dan hemat energi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang, membangun dan menganalisa perbandingan efisiensi penggunaan sumber daya listrik pada papan informasi digital yang menggunakan resource control raspberry pi dengan PC. Pengembangan papan informasi digital menggunakan metode waterfall, yaitu mulai dari tahap analisis hingga implementasi, kemudian dilakukan analisis perbandingan penggunaan sumber daya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sumber daya listrik pada resource control raspberry pi jauh lebih efektif dibandingkan dengan PC. Persentase efisiensi penggunaan resource control raspberry pi mencapai 97.5% lebih hemat dibandingkan dengan PC. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan kepada lembaga pelayanan masyarakat yang menggukanan PC sebagai resource control papan informasi digital untuk menggunakan raspberry pi karena jauh lebih hemat energi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulistia, Cahya Haricahyaharisulistia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Teknologi > Teknologi Informasi
Telekomunikasi
Keywords: Papan Informasi Digital; Raspberry pi; Personal computer; Internet of Things(IoT); Green campus.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sulistia Cahya Hari
Date Deposited: 18 Feb 2019 05:04
Last Modified: 18 Feb 2019 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30374

Actions (login required)

View Item View Item