Analisis pendapat Imam Syafi’i dan Fatwa DSN MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 terhadap mekanisme pemberian hadiah atas produk-produk Funding di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriani, Rofika (2019) Analisis pendapat Imam Syafi’i dan Fatwa DSN MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 terhadap mekanisme pemberian hadiah atas produk-produk Funding di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofika Febriani_C02215063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pendapat Imam Syafi’i Dan Fatwa DSN MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 Terhadap Mekanisme Pemberian Hadiah Atas Produk-produk Funding di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur” merupakan penelitian yang dilakukan di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Desa Karangcangkring Dukun Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1. Bagaimana mekanisme pemberian hadiah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur atas produk-produk funding? 2. Bagaimana analisis pendapat Imam Syafi’i dan fatwa DSN MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 terhadap mekanisme pemberian hadiah atas produk-produk Funding di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif-analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat 2 (dua) cara pemberian hadiah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur; yaitu, diberikan secara langsung untuk calon anggota berupa souvenir dan bonus untuk anggota; dan diberikan dengan cara undian yang dilakukan satu tahun sekali di acara halal bi halal berupa hadiah atas produk-produk funding yang menggunakan akad wadi’ah yad d}amanah. Adapun untuk mengikuti undian anggota harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan LKS. Keduanya merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk menarik calon anggota baru dan membuat anggota loyal kepada LKS; kedua, mekanisme pemberian hadiah atas produk-produk funding yang ada di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur secara umum diperbolehkan dan secara matematis senilai 89% sudah sesuai dengan pendapat Imam Syafi’i, 11% belum sesuai karena tidak semua anggota yang mengikuti undian mendapatkan hadiah. Adapun ditijau dengan menggunakan Fatwa DSN MUI Nomor 86/DSN-MUI/XII/2012, secara matematis 81% ketentuannya sudah diimplementasikan, 19% belum diimplementasikan karena seharusnya hadiah atas produk simpanan dengan akad wadi’ah diberikan sebelum terjadi akad wadi’ah, dan hadiah dalam simpanan DPK tidak diperjanjikan dan tidak menjadi suatu kebiasaan. Dari kesimpulan di atas, disarankan; pertama, KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur hendaknya lebih memperhatikan ketentuan pemberian hadiah seperti pendapat Imam Syafi’i dan ketentuan fatwa DSN-MUI nomor 86/DSN-MUI/XII/2012 semaksimal mungkin agar tetap dalam koridor shari’ah, mulai dari mekanisme sampai pengawasannya; kedua, anggota dan calon anggota hendaknyya lebih jeli dan bijaksana dalam mengikuti ataupun menerima hadiah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriani, Rofikarofikafebriani597@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Keywords: Pendapat Imam Syafi’i; Fatwa DSN MUI; pemberian hadiah; produk-produk Funding
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Febriani Rofika
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:54
Last Modified: 18 Feb 2019 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30453

Actions (login required)

View Item View Item