This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wafiq, Ahmad Ahsanul (2019) Hubungan antara Mindfulness dengan Distres Psikologis pada penyandang Diabetes Melitus tipe II. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ahmad Ahsanul Wafiq_J91214079.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dengan distres psikologis pada penyandang diabetes mellitus tipe 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala Kessler psychological distres dan skala five facet mindfulness questionnaire. Subjek pada penelitian ini berjumlah 70 orang dari jumlah total populasi sebanyak 500 pasien diabetes melitus tipe 2 di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya yang diambil melalui teknik accidental sampling. Hasil dari analisis product moment menunjukkan taraf signifikansi 0,007 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mindfulness dengan distres psikologis penyandang diabetes melitus. Selain itu dari tabel korelasi menunjukkan angka -0,332, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antar kedua variabel, artinya bahwa jika mindfulness tinggi maka resiko mengalami distres psikologis semakin kecil, begitupun sebaliknya. Pada hasil korelasi diketahui bahwa pengaruh mindfulness terhadap distres psikologis sebesar 10 %.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Depresi Psikologi Psikologi > Kecemasan |
||||||
Keywords: | Mindfulness; distres psikologis; diabetes melitus | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Wafiq Ahmad Ahsanul | ||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2019 08:10 | ||||||
Last Modified: | 19 Feb 2019 08:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30584 |
Actions (login required)
View Item |