Tinjauan Hukum Islam terhadap penerapan Pembiayaan Ujrah dalam Perbadanan Tabung Pendidikan Tinggi Nasional di Kuching Sarawak Malaysia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Aqilah Binti (2019) Tinjauan Hukum Islam terhadap penerapan Pembiayaan Ujrah dalam Perbadanan Tabung Pendidikan Tinggi Nasional di Kuching Sarawak Malaysia. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqilah Binti Ali_C42214161.pdf

Download (17MB)

Abstract

Metode penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pihak yang terlibat, yaitu anggota PTPTN, pihak Majlis Agama Islam dan para nasabah. Selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus tentang penerapan ujrah di PTPTN kota Kuching, Sarawak, Malaysia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, penerapan Ujrah di PTPTN kota Kuching, Sarawak bermula dari pihak PTPTN yang menggunakan pembiayaan ujrah pada pinjaman kepada nasabah, yaitu sebanyak 1% dan berarti para nasabah harus membayar kembali pinjaman berserta ujrah yang ditetapkan PTPTN. Tinjauan Hukum Islam terhadap penerapan Ujrah di PTPTN tidak sesuai dengan hukum Islam yang benar seperti yang dinyatakan oleh PTPTN dan masih mengandung riba seperti pembiayaan konvensional sebelumnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hendaknya Pihak Fatwa Kebangsaan Malaysia mengkaji kembali ujrah di PTPTN supaya tidak sama seperti pembiayaan konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Aqilah Bintiaqilahali323@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Upah Minimum
Keywords: Ujrah; Perbadanan Tabung Pendidikan Tinggi Nasional; PTPTN
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ali Aqilah binti
Date Deposited: 20 Feb 2019 07:51
Last Modified: 20 Feb 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30621

Actions (login required)

View Item View Item