This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Widdatur (2015) SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BERPRESTASI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan self regulated
learning pada mahasiswa berprestasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sebagai validasi data. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi di bidang akademik maupun non-akademik. Ada dua subyek yang akan dijadikan sumber informasi, yaitu yang pertama adalah mahasiswa
jurusan teknik sistem perkapalan dan subyek yang kedua adalah mahasiswa teknik fisika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Dari penelitian ini, diketahui bahwa kedua subyek memiliki
self regulated learning. Pada subyek I digambarkan secara
metakognitif, bahwa AY meregulasi diri dengan merencanakan,
menetapkan tujuan, mengorganisasi, mengulang, mengelaborasi serta mengevaluasi dalam proses belajarnya. Secara motivasional, AY merasa bahwa dirinya berkompeten, memiliki keyakinan diri dan mengetahui kondisi dirinya serta selalu berorientasi pada tujuannya.
Sedangkan secara behavioral, AY mampu meregulasi usaha serta
menyeleksi, menyusun, dan mengatur lingkungan agar lebih optimal dalam belajar. Sedangkan MMA digambarkan secara metakognitif, bahwa MMA yang meregulasi diri dengan merencanakan, menetapkan tujuan, mengulang, serta mengevaluasi dalam proses belajarnya.
Secara motivasional, MMA yang belajar merasa bahwa dirinya
berkompeten, memiliki keyakinan diri dan mengetahui kondisi dirinya serta selalu berorientasi pada tujuannya. Sedangkan secara behavioral, MMA mampu meregulasi usaha serta menyeleksi, menyusun, dan mengatur lingkungan agar lebih optimal dalam belajar.
Dengan self regulated learning, kedua subyek dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajarnya dan mendapatkan
hasil belajar yang maksimal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Khorriyatul Khotimah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi | ||||||
Keywords: | Self Regulated Learning; Mahasiswa Berprestasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2015 09:03 | ||||||
Last Modified: | 31 Dec 2015 09:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3071 |
Actions (login required)
View Item |