Studi komparasi tingkat prestasi belajar mahasiswa lulusan MA dengan SMA di IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujadid, Abdullah (2011) Studi komparasi tingkat prestasi belajar mahasiswa lulusan MA dengan SMA di IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Mujadid_D01207108.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30806

Abstract

Perbedaan latar belakang lulusan diyakini berpengaruh pada perbedaan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa, sehingga akan berakibat pada kesenjangan tingkat prestasi belajar. Fenomena tersebut diyakini telah terjadi di IAIN Sunan Ampel antara mahasiswa IAIN Sunan Ample Surabaya Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan lulusan Madrasah Aliyah (MA). Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik unruk melakukan penelitian yang berjudul Studi Komparasi Tingkat Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan MA dengan SMA di IAIN Sunan Ampe/ Fakultas Tarbiyah Jurusan Pal. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah unruk mengetahui ada atau tidak: 1) Bagaimanakah tingkat prestasi belajar mahasiswa IAIN Sunan Ample Surabaya Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan lulusan Madrasah Aliyah (MA). (2) Adakah pengaruh Latar Belakang Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan lulusan Madrasah Aliyah (MA) terhadap prestasi belajar mahasiswa IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, Wawancara, angket. Penelitian ini dilakukan di IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus Uji t-test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa rata-rata prestasi belajar mahasiswa IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI yang berasal dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah 3,48. Sedangkan mahasiswa yang berasal dari lulusan Madrasah Aliyah (MA) adalah 3,46, yang berarti bahwa nilai rata­ rata mahasiswa IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata mahsiswa yang berasal dari sekolah Madrasah Aliyah (MA). Namun berdasarkan Uji Hipotesis menyatakan bahwa tidak ada perbedaan tingkat prestasi belajar mahasiswa IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI yang berarti tidak ada pengaruh latar belakang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan lulusan Madrasah Aliyah (MA) terhadap prestasi belajar mahasiswa IAIN IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujadid, Abdullah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar; Prestasi mahasiswa; Lulusan SMA dan MA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2019 05:00
Last Modified: 25 Mar 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30806

Actions (login required)

View Item View Item