Analisis karakteristik siswa pada tingkat Sekolah Dasar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfin, Jauharoti (2014) Analisis karakteristik siswa pada tingkat Sekolah Dasar. In: Halaqoh Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam.

[img] Text
Jauharoti Alfin_Analisis karakteristik Siswa pada tingkat Sekolah Dasar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam perencanaan pembelajaran sangat dibutuhkan kemampuan, keterampilan dan kejelian desainer pembelajaran untuk menganalisis situasi dan keadaan tertentu siswanya. Setiap siswa dan kelompok kelas memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda, sehingga perlakuan yang sama terhadap semua siswa dan kelompok kelas justru akan rnengakibatkan kurang maksimalnya proses pembelajaran. Oleh karenanya salah satu tahap penting dalam proses perencanaan pembelajaran yang penting adalah melakukan analisis karakteristik siswa. Dimana karakteristik siswa di tingkat sekolah dasar itu berbeda dengan mereka yang berada pada tingkat sekolah menengah. Pola pikir, persepsi dan cara mengatasi masalah yang mereka tempuh sangat berbeda. Pada masa anak-anak kecenderungan untuk melakukan imitasi kepada seseorang yang diidolakan sangat besar. Sementara para remaja ingin sekali diakui eksistensi mereka sebagai manusia yang utuh, dewasa clan dapat rnenentukan jalan hidup sendiri. Masa kanak-kanak adalah masa bermain dan belajar. Beban yang berat pada sekolah terkadang mengurangi hak-hak mereka untuk bermain. Sehingga yang terjadi mereka cenderung malas dan bosan pada saat belajar di dalam kelas, karena mereka menghadapi situasi pembelajaran yang nyaris sama. Oleh karenanya dalam tulisan ini akan membahas tentang pentingnya melakukan analisis kemampuan awal siswa dari perkembangan usia, fisik, psikomotorik, akademik, dan sikap. Tahap ini dilakukan untuk menjamin bahwa program pembelajaran yang didesain sesuai dengan profil siswa yang akan menempuh proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakteristik; Siswa
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:05
Last Modified: 04 Apr 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30886

Actions (login required)

View Item View Item