Membangun etika dan kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam: sebuah perspektif psikologi Qur’ani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Ah. Zakki and Alfin, Jauharoti and Nasih, Ahmad Munjin (2017) Membangun etika dan kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam: sebuah perspektif psikologi Qur’ani. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 05 (02). pp. 309-338. ISSN 2527-4511

[img] Text
Jauharoti Alfin_Membangun etika dan kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam sebuah perspektif psikologi Qur’ani.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/...

Abstract

Lembaga pendidikan Islam mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membangun etika dan kepribadian peserta didiknya. Tantangan pendidikan Islam sekarang ini adalah munculnya pergeseran tata nilai etika dan kepribadian di masyarakat karena pengaruh globalisasi, kemajuan teknologi, problematika sosial serta disparitas kemampuan ekonomi yang berbeda yang secara tidak langsung memunculkan konflik sosial, disharmonisasi hubungan orang tua dengan anak, guru dengan murid dan lain sebagainya. Al-Qur’an sebagai sumber penggalian keilmuan telah menawarkan konsep pembangunan etika dan kepribadian (ethics and personality development) bagi manusia, khususnya peserta didik di lembaga pendidikan melalui psikologi qur’ani. Konseptualisasi dan teorisasi psikologi qur’ani dalam tulisan ini menggunakan content analisis dengan langkah-langkah; Unitizing, Sampling, Recording, Reducing, Inferring, Anayzing and Narrating. Langkah-langkah metodologis ini akan menghasilkan konsep psikologi yang bersumber dari al-Qur’an dan dikombinasikan dengan beberapa teori psikologi; Connectionism theory, Classical Conditioning, Operant Coditioning, Contiguous Conditioning, Cogitive theory, Social Learning Theory. Hasilnya membangun rumusan bagaimana membangun etika dan kepribadian Qur’ani bagi peserta didik di Lembaga Pendidikan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.omUNSPECIFIED
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Nasih, Ahmad MunjinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Etika
Al Qur'an
Keywords: Etika; Kepribadian; Psikologi; Al Qur’an
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:02
Last Modified: 09 Apr 2019 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

View Item View Item