Peningkatan hasil belajar perkalian menggunakan model pembelajaran numbered-heads together pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nur Hidayatur and Wahyuniati, Wahyuniati and Alfin, Jauharoti (2019) Peningkatan hasil belajar perkalian menggunakan model pembelajaran numbered-heads together pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Gresik. Journal of Islamic Elementary School: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 04 (01). pp. 71-90. ISSN 2654-7961

[img] Text
Jauharoti Alfin_Peningkatan hasil belajar perkalian menggunakan model pembelajaran numbered-heads together pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Gresik.pdf

Download (595kB)
Official URL: http://jies.uinsby.ac.id/index.php/jies/article/vi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered-Heads Together dan peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, tes tertulis, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Penelitian ini telah berjalan dengan baik dan berhasil mengalami peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Numbered-Heads Together (NHT) pada siswa kelas III-B MI Masyhudiyah. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru siklus I mendapat 82,5 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 95.83 (sangat baik). Sedangkan, nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80 (baik) menjadi 95 (sangat baik) pada sikus II. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase keberhasilan kelas 57,89% (kurang) dan rata-rata 72,10 (cukup), siklus I diperoleh persentase keberhasilan kelas 78,94% (baik) dan rata-rata 80,46 (baik) dan pada siklus II persentase keberhasilan kelas dan rata-rata meningkat dengan 94,73% (sangat baik) dan rata-rata 91,91 (sangat baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nur Hidayaturhidayahday9@gmail.comUNSPECIFIED
Wahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Perkalian dan Model Pembelajaran Numbered-Heads Together
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:02
Last Modified: 09 Apr 2019 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30896

Actions (login required)

View Item View Item